oleh

Deklarasi Kita Indonesia Bersatu, Merawat Keberagaman Dalam Bingkai NKRI

Jakarta, Kicaunews.com – Pendiri bangsa (founding fathers) InI sesungguhnya telah susah payah mendirikan dan meletakkan kebhinekaan sebagai satu dasar keberadaan bangsa Indonesia. Kebhinnekaan merupakan realitas bangsa ini yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Selain Itu pula bangsa IndonesIa bisa hadir seperti sekarang InI karena dilatarbelakangI oleh pengakuan kebhinnekaan.Tak dapat dipungkiri, Kebhinekaan adalah kekuatan Indonesia.

Indonesia ada karena terdiri dari berbagai macam suku, bahasa dan berbagai macam etnis yang berhimpun dalam satu bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kita jangan mengabaikan dan melupakan kebhinnekaan. Saat ini kami anak muda yang tergabung dalam forum aktivis 98, ada komponen Keluarga Mahasiswa Jayabaya, Alumni Jerman, kelompok masyarakat profesional dan juga tokoh-toloh agama salah satunya DR Syaiful Rohim. Kita sama-sama hari ini kembali mengingat Indonesia harus bersatu karena itu hari ini kami melakukan deklarasi Kita Indoneisa Bersatu (KIB).

Demikian kata sambutan yang disampaikan Ketua Kita Indonesia Bersatu (KIB) Taufan Hunneman dalam acara deklarasi Kita Indonesia Bersatu (KIB) bertempat di Resto Warung Daun Cikini Jakarta. rabu (23/11/2016). Sebagai sekretaris KIB Iwan Sulaiman Soelasno.

Tantangan kebhlnekaan dImasa depan adalah menyatukan pandangan dan pendapat darI berbagai golongan yang berbeda beda daIam bIngakai Negara Kesatuan Republlk Indonesla. OIeh karena Itu geerakan yang mengancam kebnlnekaan yang akhIr akhIr InI marak terjadl harus segera dIakhiri.

Lahlrnya KITA INDONESIA BERSATU mm W akan menjadl baglan darI kekuatan besaryang am bersama ~sama merawat keberagaman dalam bIngkaI Negara Kesatuan RepubIIk IndonesIa I NKRI).

Dengan Iatar belakang pemIkIran tersebut dlatas, KITA INDONESIA BERSATU menyatakan sIkap sebagal berlkut:
1. Keberagaman adaIah JatIdIrI dan kekuatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang harus terus dijamIn keberIanjutannya sampaI anak cucu kita.

Baca juga :  Waduh… Ruko Tekstil Pertokoan Cipadu Mas Hangus Oleh Si Jago Merah

2. KamI bersama elemen masyarakat sipil IaInnya akan menolak dan melawan berbagaI macam grand design yang akan menghancurkan keberagaman dan kebhinekaan Indonesia yang teIah dijamin dIdaIam konstItusI kita.

3. KITA INDONESIA BERSATU menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada pemerintahan pusat dan pemerIntahan daerah untuk bekerja dan merumuskan kebIjakan yang menjunjung tInggI keberagaman dan kebhinekaan sebagai saIah satu prasyarat terciptanya stabIIItas poIItIk, sosIaI dan ekonomi.

4. KITA INDONESIA BERSATU akan mendorong PemerIntah dan semua anak bangsa dari berbagal suku, agama dan ras yang berbeda-beda untuk segera melakukan Integrasl nasionaI. Merujuk pada berbagaI peristiwa poIitIk akhir akhir InI, kamI meIihat bahwa sesungguhnya proses Integrasl nasionaI beIumIah seIesaI. Integrasi naslonal akan sempurna ketika ada pengakuan dan penghormatan terhadap hak hak mInorItar oIeh kelompok mayorItas. Relasi damai antara mayoritas den mmoritas InIIah yang akan menjaga keberlanjutan NKRI.

5. KITA INDONISA BERSATU memberikan solusi untuk Integrasi bangsa yaitu niIai niIai yang mempersatukan para pendIrI bangsa kita dahulu bisa terus kita pelihara dan perkuat dari generasi ke generasi.

6. PiIkada sejatinya menjadI pertarungan gagasan, visi dan misi setiap calon kepala daerah. OIeh karena Itu, MenjeIang PIIkada serentak InI, KITA INDONESIA BERSATU meminta kepada semua Kontestan poIItIk yaItu para calon Gubernur, BupatI dan Walikota di seluruh Indonesia untuk menghindarI materI materI kampanye yang bernuansa SARA dan cenderung merusak kebhinekaan.

Editor : Rahmat Saleh

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru