oleh

Banyak Tambang Ilegal di Bantul, Ini Kata Kadis DPU Bantul

Bantul, kicaunews.com — Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Bantul memastikan penambangan bahan galian golongan C di wilayah ini tak berizin alias ilegal.

Hingga kini, DPU masih belum mengetahui lokasi penambangan yang sudah berizin.

“Hingga kini sepertinya belum ada penambangan yang berizin. Kalau pun ada yang mengajukan pasti baru diproses di Pemerintah Provinsi,” kata Kepala DPU Bantul, Heru Suhadi, Senin (21/11/2016) seperti dikutip tribunjogja.com

Heru menjelaskan, adanya penambangan di wilayah Bantul sangat dilarang karena belum mengantongi izin.

Tambang yang dimaksudkan adalah tambang tanah dan juga tambang pasir.
Seluruh kegiatan penambangan, kata dia, seharusnya mengalami beberapa proses tahapan sebelum dikeluarkan izin.

Proses yang dimaksud, diantaranya adalah adanya Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dan juga beberapa kajian teknis lingkungan.

Dari tahapan tersebut, maka harus juga ada peta zonasi pertambangan. “Akan tetapi, kami (DPU) masih belum mengantongi zona tambang itu. Karena, memang wewenang perizinan tambang ada di ranah pemerintah Provinsi,” katanya. 

Adapun mengenai penambangan yang terjadi di kawasan gumuk pasir, Dusun Mancingan, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek yang sempat ditutup oleh polisi, Heru menyebut penambangan ilegal itu memang dilarang.

Menurutnya, penambangan yang berada di kawasan sungai saja dilarang, apalagi di kawasan gumuk pasir yang memang kawasan larangan. (tribunjogja.com)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru