oleh

Kampus IST Al-Kamal Gandeng Dandim 0305/JB Bekali Mahasiswanya Wawasan Kebangsaan

Jakarta Barat, kicaunews.com — Dengan banyak dinamika isu yang saat ini semakin banyak dapat memecah belah kerukunan antar umat beragama ditambah Konflik Global antara negara yang terjadi saat ini juga dapat sebagai penghambat sumber daya yang ada di Indonesia.

Oleh karena itu Institut Sains dan Teknologi Al Kamal bekerjasama menyelenggarakan seminar bersama Kodim 0503/JB dengan tema :’Pentingnya Wawasan Kebangsaan dalam Mengantisipasi Disintegritas Bangsa’ Rabu pagi (16/11) di Aula Institut sains dan teknologi alkamal Jakarta barat.

Dalam sambutannya, Dr. Dede Rukmayadi ST. MSi Rektor Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal mengatakatan,  Saya berharap kepada Mahasiswa yang hadir saat ini dapat menjadi perwakilan untuk mahasiswa-mahasiswa yang ada di Indonesia khususnya di ISTA dalam memahami pemberian materi wawasan kebangsaan ini.

“dengan adanya pembekalan wasbang ini, Mudah-mudahan Mahasiswa ISTA bisa menjadi penyambung lidah mahasiswa lain dan masyarakat,” katanya.

Masih kata Rektor ISTA, mahasiswa harus menjadi yang terdepan dalam mengantisipasi segala situasi dan kondisi yang terjadi di Indonesia dan harus bisa menganalisanya.

Sementara itu, Kodim 0503/JB yang diwakilkan oleh Kasdim 0503/ JB Mayor Inf David Sirait memberikan materi kepada para mahasiswa dengan tema “Pentingnya Wawasan Kebangsaan Dalam Mengantisipasi Disintegritas Bangsa” yang dihadiri lebih dari 200 orang mahasiwa Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal (ISTA)


“Sudah semakin banyak isu yang dapat memecah belah antar suku, ras dan agama. Dan Pancasila adalah menjadi Dasar buat kebangsaan di Indonesia, karena mempunyai Landasan Hukum yang sangat kuat oleh karena itu para mahasiswa harus dapat mengantisipasinya,” kata David saat pembukaan materi bersama mahasiswa.

Dikatakannya, perang masa Kini bukan saja secara fisik seperti masa lalu tetapi perang energi, perang sumber daya alam, perang dengan tangan orang lain, proxy war, perang tidak bisa terlihat mana lawan dan kawan, perang bisa melalui dari orang ketiga.

Dengan banyaknya sumber daya alam yang terkandung di Indonesia maka tidak bisa dipungkiri banyak negara yang ingin memanfaatkan dan menguasai semuanya. Dan akan timbul kerawanan untuk bangsa ini di pecah belah karena negara kita adalah negara kepulauan, banyak Suku, Agama dan Bahasa.

“Perlu diwaspadai juga aliran-aliran agama sesat, peredaran narkoba, tawuran, teror dan bahaya laten faham komunis oleh sebab itu Pemuda Indonesia harus mampu menjaga persatuan dan kesatuan, bekerja dengan baik di bidangnya dan selalu berkembang dalam meningkatkan kemampuan dan ketetampilan,” tutupnya.

Tampak juga yang hadir dalam acara ini adalah Kapten (Inf) Sunarjo S. Sos (Danramil 05/KJ), Raden Muhammad Zuhryanto SE (Wakil Rektor Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal) dan para Staf Dosen serta Resimen Mahasiswa dan para mahasiswa. (Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru