oleh

Sosialisasi Pengawasan Orang Asing Bagi Camat Dan Lurah Se DKI Jakarta

Jakarta, Kicaunews.com – Masalah keluar masuk orang asing terns menjadi perhatian besar bagi direktorat lenders! lmigrasi sejak pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN dan bebas visa antar negara semakin bertambah. Diakui, kebijakan membuat lalulintas orang dari dan ke Indonesia semakin leluasa itu. mendorong aktivitas ekonomi dan pembangunan meningkat. namun ternyata level kewaspadaan terhadap keamanan dalam negeri juga merangkak naik.

Amanat UU No 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian mengingatkan tentang perlunya pemantauan dan pengawasan seluruh aktivitas warga asing itu dalam wilayah teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia, guna mengantisipasi motif ganda yang membuat keamanan dan kedaulatan lndonesia terancam.

Terbentuknya Sekretariat Tim pengawasan orang asing di wilayah administrasi pemerintahan provinsi DKl Jakarta, menjadi upaya gerak bersama untuk menjalankan program penting ini. Dan semuanya belum cukup, karena di perlukan sebuah sistem kerja yang dapat memudahkan dan memperiancar koordinasi. Aplikasi Pengawasan Orang Asing atau APOA menjadi salah satu wujud nyatanya.

Aplikasi ini berupa pelaporan dan pengawasan terhadap orang asing yang dibantu oleh masyarakat dalam hal ini instansi kecamatan dan kelurahan sebagai pendataan penduduk saat warga negara lain masuk dan beraktivitas di lingkungan mereka. Sistem pelaporan online ini juga di gunakan bagi mereka para pemilik/ perusahaan yang memiliki penginapan baik komersil maupun non komersil.

Agar pengunaan Aplikasi Pengawasan Orang Asing berjalan efektif maka sasialisasi menjadi salah satu jalan terobosan agar semua unsur baik yang ada di Tim Pora maupun instansi pemerimah lainnya dapat mengetahui pengunaannya serta bagaimana sistem ini berjalan.

Demikian paparan disampaikan Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Ronny F. Sompie dalam acara Sosialisasi Pengawasan Orang Asing kepada para Camat dan Lurah se –DKI Jakarta yang diadakan di Balai Agung Balai Kota Pemprov DKl Jakarta, kamis (20/10). Acara diselenggarakan Kantor Wilayah Hukum dan Ham DKI Jakarta. Diihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Kanwil Hukum dan Ham DKI Jakarta serta Jajaran Camat, Lurah se DKI Jakarta. (Sunarto).

Baca juga :  Polsek Sumur Bandung Polrestabes Bandung Laksanakan Himbauan Penegakkan Perwal Nomor 43 tahun 2020

Editor : Rahmat Saleh

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru