oleh

Penyelenggara Pelayanan Publik Dapat Menciptakan Inovasi Sesuai Yang Dibutuhkan Masyarakat

Jakarta, Kicaunews.com – Dalam rangka peningkatan kepuasan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik. Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan sosialisasi mengenai Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan publik di Hotel Dafam Teras Kita Jl. M.T. Haryono Jakarta, kamis (13/10).

Hadir sebagai pembicara Sekjen Kemenkumham Dr. Bambamg Rantam S.H. MM, Dirjen Imigrasi Dr. Ronny F. Sompie SH, MH, Deputi Pelayan Publik Kemenpan & RB Prof. Dr, Diah Natalisa MBA. Sosialisasi ini diselenggarakan Kanwil Kemenkumham Provinsi DKI Jakarta sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan publik yang dilakukan oleh unit-unit pelayanan teknis (UPT). Peningkatan pelayanan publik dilakukan selain merupakan amanat dari UU No.25 Tahun 2009 tentang pelayanan Publik juga sejalan dengan agenda prioritas pemerintah Jokowi-JK.

Salah satu inovasi yang dilakukan oleh Kanim di lingkungan Kanwil DKI Jakarta adalah early morning passport service yang dilakukan oleh Kanim Jakarta Selatan dan sunset passport service dan layanan Imigrasi mandiri yang dilakukan oleh Kanim Jakarta Barat.

Dalam sambutannya Dirjen Imigrasi juga menyampaikan .bahwa inovasi yang dilakukan harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Untuk melihat kesesuain ini dapat dilakukan survei kepuasan masyarakat (SKM) yang juga merupakan kewajiban dari Kanim sebagai unit penyelenggara berdasarkan Permenpan No.16 Tahun 2014..

Tahun 2016, terdapat tiga dari enam Kanim yang sudah melakukan SKM, Kanim Jakarta Selatan, Kanim Jakarta Pusat dan Kanim Soekarno Hatta dengan mendapatkan nilai mutu layanan A (sangat baik). Untuk standar pelayanan yang dilakukan oleh Kanim Tahun 2016 ini terdapat 3 Kanim yang mendapatkan penghargaan kepatuhan standar pelayanan dari Ombudsman RI, yaitu Kanim Jakarta Selatan, Kanim Jakarta Barat dan Kanim Jakarta Pusat. Khusus Kanim Jakarta Selatan pada tahun 2012 mendapatkan penghargaan sebagai 10 layanan publik paling progresif dari Wakil Presiden Budiono.

Baca juga :  Polsek Kotabaru Himbau Ojeg Pangkalan

Deputi Pelayanan Publik Kemenpan & RB memberikan penjelasan terkait dengan peningkatan pelayanan publik yang menjadi program prioritas Kemenpan & RB saat ini.
Juga memberikan apresiasi kepada Kepala Devisi yang sudah mengkoordinir inovasi pelayanan publik dan SKM di UPT Imigrasi serta kepada ketiga Kepala Kanim yang telah melaksanakan SKM pada unit kerjanya.

Ditegaskan juga oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham bahwa SKM ini bukan hanya wajib untuk UPT Imigrasi tetapi juga wajib untuk seluruh UPT yang berada di bawah Kemenkumham. Melalui SKM dihrapkan para penyelenggara pelayanan publik dapat menciptakan inovasi sesuai yang dibutukan masyarakat.(Sunarto)

Editor : Rahmat Saleh

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru