oleh

Koarmabar Tangkap Dua Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam Dan Kapal Penyelundup Dari Singapura

Jakarta, Kicaunews.com – Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) menangkap dua kapal ikan asing (KIA) berbendera Vietnam di Perairan Natuna Kepulauan Riau. Kedua KIA tersebut ditangkap KRI Silaspapare-386 yang sedang melaksanakan patroli. Setelah didekati ternyata kedua kapal ikan asing berbendera Vietnam sedang sedang menarik jaring trawl (pukat).

Kedua kapal asing dengan nomor lambung BV 92764 TS dengan nakhoda Nguyen Tranh Van dan BV 92765 dengna nakhoda Nguyen Van Nguyui. Kedua kapal itu diamankan KRI SRE-386 karena tidak dilengkapi dokumen penangkapan ikan yang sah.

Perairan Natuna memang seringkali menjadi lokasi kapal-kapal asing yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal sehingga membutuhkan pengawasan yang intensif.

WFQR Western Fleet Quick Response -4 unit Jatanrasla (Kejahatan dan Kekerasan Laut) Lantamal IV pada pukul 00.15 dini hari tadi menangkap upaya penyelundupan barang bernilai ekonomis tinggi dari Singapura. Sebuah speed boat tanpa nama dan kapal LCT Toll Emperor berbendera Singapura di dermaga PSB (Port Sekupang Batam.

Speed boat tanpa memiliki surat-surat (tanpa pas kecil dan tanpa sertifikat keselamatan, tanpa izin olah gerak, nahkoda tanpa Surat Keterangan Kecapakapan (SKK). Muatan barang -barang dari Singapura tidak ada dalam daftar manifest muatan. Selanjutnya LCT beserta Speed boat diamankan oleh tim WFQR 4 untuk proses penyelidikan lebih lanjut secara gabungan dengan pihak Bea Cukai Batama. LCT akan diperiksa kemungkinan adanya Narkoba.

Wilayah kerja Armabar dari Laut Perairan Cirebon sampai Laut Perairan Sabang.

TNI AL sudah banyak berkiprah berbuat serius dalam penegakan hukum untuk kedaulatan Bangsa. Dan kegiatan ilegal di Laut cenderung menurun. Selain itu juga dilakukan kegiatan penyuluhan.

Armabar juga bekerja sama dengan instansi Lain antara lain Kementrian KKP, Bea & Cukai, Bakamla dan Instansi lainnya.

Baca juga :  Jaga Kondusifitas Sat Sabhara Kontrol Gedung KPU Karawang

Demikian paparan Pangarmabar Laksda Aan Kurnia, S.Sos dalam konferensi pers terkait penangkapan kapal ikan asing (KIA) Vietnam dan kapal LCT Toll Emperor berbendera Singapura di Mako Koarmabar Jl Gunung Sahari Jakarta, senin (17/10).(Sunarto)

Editor : Rahmat Saleh

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru