oleh

Tim Seleksi Kerjasama dengan BIN Pantau Rekam Jejak Bakal Calon KPU-Bawaslu

Jakarta, Kicaunews.com – Tim Seleksi (Timsel) KPU-Bawaslu bekerjasama dengan Komite Intelijen Daerah (Kominda) dan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu dengan melihat rekam jejak para bakal calon sesuai dengan persyaratan Undang-undang (UU).

“Kemudian terkait track record calon kita nanti kerja sama juga dengan Kominda dan BIN untuk melakukan penjajajakan atau pendalaman terhadap track record masing-masing calon,” kata Sekretaris Timsel KPU-Bawaslu Soedarmo yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) saat koferensi pers di Sekretariat Timsel KPU-Bawaslu di Kantor Kemendagri Jakarta, Jumat (30/9/2016).

Masih kata Soedarmo, Penelusuran rekam jejak bakal calon itu misalnya apakah yang bersangkutan pernah tersangkut tindak pidana dan lainnya. Melalui pendalaman rekam jejak itu diharapkan akan terjaring calon-calon yang memang sesuai harapan, bukan calon yang tak sesuai persyaratan UU.

 “Dengan pendalaman itu kita harapkan mendapatkan calon-calon yang memang kita harapkan, bukan calon yang tidak sesuai dengan persyaratan yang diatur undang-undang,” tuturnya.

Hal senada juga dikatakan Wakil Ketua Timsel KPU-Bawaslu Ramlan Surbakti mengatakan penelusuran rekam jejak itu juga berguna untuk mengetahui apakah bakal calon itu berafiliasi atau pernah menjadi anggota partai politik (parpol).

Pasalnya, sesuai persyaratan UU, anggota KPU dan Bawaslu itu independen. Hasil penelurusan rekam jejak itu akan dikonfirmasi kepada para masing-masing calon pada saat tahap seleksi wawancara.

“Rekam jejak para calon juga diharapkan bisa dipantau oleh media dan pemantau,” ujar Ramlan. (sumber: Zonalima.com)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru