oleh

Kyai Jaka Sembung Khutbah di Masjid Al Mubarokah BKT Cip Muara

Jakarta, Kicaunews.com –  Hari ini Senin,10 Dzulhijjah 1437 H bertepatan dengan 12 September 2016 M , Umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha.

Di Masjid Al Mubarokah jl pembina BKT RT 13/02 Cipinang Muara yang menjadi Khotib yaitu Kyai Jaka Sembung, berikut adalah isi Khutbah beliau :

Kita harus meneladani Keluarga Nabi Ibrahim AS, Makna qurban adalah selain mengabdi kepada Alloh dan berbagi kepada sesama juga punya arti menyembelih  “Nafsu hewani” yg ada dalam diri manusia.

Kita ambil contoh Nafsu kambing itu kadang ada pada diri manusia diantaranya

1.”Mencari harta tdk melihat hukum”
Kambing klo lapar tdk peduli rumput siapa halal/haram yg penting sikat

2.”Sex bebas” kebutuhan biologis kambing jantan kalau lagi nafsu kambing perempuan darimana saja kalau lg pingin sikat

3.”Pemarah” kambing kalau lagi marah tdk bisa mengendalikan amarahnya akan menyeruduk siapa saja tdk pandang kawan/saudara.

Disinggung dalam sebuah ayat yg artinya:

Mereka memiliki hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah), dan mereka memiliki mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengarkan (ayat-ayat Allah). Mereka seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.” {QS. Al-A’raaf: 179}

Beliau juga mengatakan dalam khutbahnya kita harus meneladani keluarga dari Nabi Ibrahim AS, yang di kisahkan bahwa Nabi Ibrahim telah lama menginginkan keturunan, kemudian Allah memberikan Nabi Ismail.dan Di perintahkan Allah Nabi Ibrahim di suruh menyembelih Nabi Ismail, dan Nabi Ibrahim pun menuruti perintah Allah dan di gantilah Kambing kibas, itulah peristiwa Pemotongan hewan kurban pertama kali.

Semoga kurban bukan hanya seremonial saja, tapi jadi semangat kita untuk berkurban,berbagi kepada sesama.

Baca juga :  Edukasi Protokol Kesehatan Kepada masyarakat Desa Cipendawa Selama Kebiasaan Baru Berlangsung

Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1437 H.

A Widhy

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru