oleh

Dr. Heru Margono : Pentingnya Perencanaan SDM

Jakarta, kicaunews.com — Dalam banyak paparan baik yang tertulis maupun dalam seminar-seminar, upaya untuk meningkatkan peran SDM di berbagai organisasi perusahaan semakin sering kita dengar. Dimulai dari hal-hal yang bersifat mendasar, penyebutan nama unit organisasi SDM misalnya, dan penggunaan nama personalia menjadi Sumber Daya Manusia. 

Sesuai dengan peran manajemen SDM pun telah banyak melalui proses transformasi. Dari peran dan fokus pada kegiatan administrasi personalia semata-mata, menjadi mitra bisnis dari jajaran manajemen ini.

Demikian dikatakan Dr. Heru Margono, MSc Dosen Pasca Sarjana MM UIJ dalam materinya kepada puluhan mahasiswa Magister Manajemen (MM) Universitas Islam Jakarta,  Sabtu (10/9). Ia menuturkan, Manifestasi peran strategis ini salah satunya dapat terlihat dari keterlibatan langsung para pimpinan puncak perusahaan dalam pengambilan keputusan-keputusan strategis SDM; keberadaan anggota direksi yang khusus mengelola aspek perencanaan dan pengembangan SDM.

Ia mengatakan, SDM atau Sumber Daya Manusia merupakan salah satu komponen yang sangat essential bagi kelangsungan sebuah organisasi atau perusahaan. Maka dari itu, penting sekali untuk memperhatikan proses perencanaan SDM atau Man Power Planning.

“Proses Perencanaan SDM yang baik tentunya akan memberikan manfaat yang sangat baik pula untuk kelangsungan organisasi atau perusahaan di masa depan,” kata Heru

Hal yang menjadi fokus utama yaitu meningkatkan kinerja organisasi baik dari segi produktivitas, pelayanan maupun kualitas untuk mencapai tujuan utama organisasi.

“Maka dalam implementasinya, akan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang akan mendukung tercapainya tujuan organisasi,” tutupnya. (Johan)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru