oleh

Jakarta Timur Butuh 3500 orang PPDP

Jakarta, Kicaunews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jaktim membutuhkan 3.500 orang petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP).  Jumlah petugas PPDP tersebut sesuai dengan jumlah tempat pemungutan suara atau TPS yang ada di Jaktim.

“Setelah menerima data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Tahun  2017 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat,  kami langsung melakukan sosialisasi perekrutan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) untuk mencocokkan dan meneliti DP4,” papar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Timur Nurdin kemarin.

Sebanyak 3.500 petugas PPDP tersebut nantinya akan bertugas di  10 Kecamatan dan 65 Kelurahan di Jakarta Timur untuk membantu PPS dalam melakukan proses pemutakhiran data pemilih.

Nurdin menjelaskan, berdasarkan Peraturan KPU RI Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, hingga Walikota dan Wakil Walikota, tidak menjelaskan terkait persyaratan calon PPDP dan hal-hal teknis lainnya.

“Di pedoman teknis yang kita buat diatur mengenai persyaratan, formulir pendaftaran hingga tahapan seleksi. Diharapkan ini akan mempermudah bagi PPS dalam merekrut PPDP,” jelasnya.

Nurdin menambahkan, mekanisme perekrutan PPDP dilakukan oleh PPS di tingkat kelurahan. Diutamakan PPDP yang direkrut adalah tokoh masyarakat di sana atau ketua RT atau ketua RW.

“Sebab merekalah yang lebih paham dan mengerti mengenai warganya dalam memverifikasi jumlah pemilih1 di wilayah mereka, sehingga nantinya PPDP inilah yang datang langsung ke rumah warga di setiap TPS untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data DP 4 yang diterima dari KPU Pusat, ” tambahnya.

Kendati demikian, melalui sosoialisasi ini dapat menjadi terobosan dalam perekrutan PPDP Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2017, dimana prosesnya akan dilakukan secara terbuka bagi masyarakat umum dengan persyaratan yang ditetapkan dengan petunjuk teknis.

Baca juga :  KPU Kota Tangerang Gelar Rapat  Pleno

”Ini merupakan terobosan yang kami lakukan dalam rangka mendapatkan PPDP yang lebih baik guna menghasilkan data pemilih yang berkualitas,” pungkasnya.

sumber: posmetro

A Widhy

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru