oleh

Panjat Pinang RT 13/02 Cipinang Muara

Jakarta, Kicaunews.com – Kemeriahan Dirgahayu kemerdekaan Indonesia ke 71 tahun masih semarak,rangkaian acara 17 an ini terus di gelar di Lingkungan RW 02 cipinang muara. Dan pada hari sabtu,20 Agustus 2016 ,RT 13/02 mengadakan Panjat Pinang, di mulai pukul dua siang, panitia menunggu peserta yang mau ikuti panjat pinang ini, Pak didi Soebandrio selaku ketua RT 13/02 cipinang muara mengatakan panjat pinang ini di gelar untuk warga,untuk hiburan.karena di dalam filosofi panjat pinang itu di ajarkan untuk saling bekerja sama untuk ambil hadiah yang ada.

Ada tiga regu yang mendaftar, satu regu ada 7 orang, warga pun menikmati hiburan tontonan gratis ini, para pedagang pun menghampiri di kawasan panjat pinang ini yang di gelar di jl pembina banjir kanal timur (BKT), panitia menyiapkan hadiah untuk bendera yang ada di puncak Rp 1.500.000,dan benderapun dapat di raih nya oleh regu tiga.masih banyak hadiah yang di atas pinang ini,para peserta pun antusias untuk mengambil hadiah, sampai lewat maghrib (malam)panjat pinang ini terus berlangsung, panitia menaruh bendera lagi dengan hadiah sekitar dua jutaan, peserta pun lebih bersemangat mengambil hadiah hadiah yang ada di puncak pinang itu,dan akhirnya pukul 19.30 selesai juga panjat pinang ini.

Sekedar info :

Panjat pinang berasal dari zaman penjajahan Belanda dulu. lomba panjat pinang diadakan oleh orang Belanda jika sedang mengadakan acara besar seperti hajatan, pernikahan, dan lain-lain. Yang mengikuti lomba ini adalah orang-orang pribumi.

Panjat pinang dalam budaya Tionghoa Sunting,prosesi panjat pinang ini memang populer di Fujian, Guangdong danTaiwan berkaitan dengan perayaan festival hantu.ini dapat dimengerti dari kondisi geografis dikawasan itu yang beriklim sub-tropis, yang masih memungkinkan pinang atau kelapa tumbuh dan hidup. Perayaan ini tercatat pertama kali pada masa Dinasti Ming.

Baca juga :  Bersama Habib Bahar Bin Smith, Masjid Almubarokah Gelar Tarawih Khotmul Quran

Lumrah disebut sebagai qiang-gu.namun pada masa Dinasti Qing, permainan panjat pinang ini pernah dilarang pemerintah karena sering timbul korban jiwa. Sewaktu Taiwan berada di bawah pendudukan Jepang, panjat pinang mulai dipraktikkan lagi di beberapa tempat di Taiwan berkaitan dengan perayaan festival hantu. Panjat pinang masih dijadikan satu permainan tradisi di berbagai lokasi di Taiwan.Tata cara permainan lebih kurang sama, dilakukan beregu, dengan banyak hadiah digantungkan di atas. Namun bedanya tinggi yang harus dipanjat bukan hanya setinggi pohon pinang, namun telah berevolusi menjadi satu bangunan dari pohon pinang dan kayu-kayu yang puncaknya bisa sampai 3-4 tingkat bangunan gedung. Untuk meraih juara pertama, setiap regu harus memanjat sampai puncak untuk menurunkan gulungan merah yang dikaitkan di sana.

Di RW 02 cipinang muara ini banyak acara tujuhbelasan ini untuk info besok ahad pagi kita akan menggelar acara Gerak jalan sehat, sore ada pertandingan futsal anak anak, malam pertandingan tenis meja dan sebelumnya ada pertandingan catur dan gaple, sedangkan untuk acara puncak akan kita gelar tanggal 27 Agustus 2016, panggung gembira akan kita adakan di banjir kanal timur

(BKT) ucap Pak Bambang Irawan,SH selaku ketua RW 02 Cipinang muara.

A Widhy

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru