oleh

Gerakan Turunkan Jokowi ( GTJ )

Jakarta, Kicaunews.com – Pencopotan Archandra Tahar sebagai Menteri Energi Sumber Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), kini muncul Gerakan Turunkan Jokowi (GTJ).

Gerakan tersebut dimotori sejumlah alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) seperti Bursah Zarnubi, Sujana Sulaeman dan kawan-kawan melalui sejumlah Group WhatsApp terutama KAHMI Forever.

Dalam pernyataan politiknya, mereka meminta Presiden Jokowi mundur karena telah melanggar Undang-Undang dan Sumpah Jabatan.

“Presiden Jokowi, sebagai seorang ksatria, lebih baik berhenti daripada diberhentikan,” ujar Sujana Sulaeman, Presiden KAHMI Forever saat dihubungi (15/08).

Mantan pengurus PBHMI ini menjelaskan, dalam kasus Archandra Presiden Jokowi telah melanggar setidaknya dua undang-undang, yakni UU Kementerian dan UU Kewarganegaraan.

“Meski Archandra telah diberhentikan sebagai Menteri ESDM pada Senin (15/8) malam setelah mendapat banyak desakan dari berbagai kalangan, keputusan itu tidak menghapus pelanggaran konstitusi yang dilakukan Presiden Jokowi,” tegas Sujana Sulaeman,

Dalam kasus pengangkatan Archandra yang melanggar konstitusi lanjut aktivis senior KAHMI ini, Presiden Jokowi tidak bisa berkelit dengan melimpahkan kesalahan itu kepada diri Archandra atau orang yang mengusulkan nama Archandra kepada dirinya.

Kesalahan itu mutlak ada di pundak Presiden sebagai kepala pemerintahan yang memiliki hak prerogatif mengangkat seseorang untuk menjadi menteri, dan telah dilengkapi oleh berbagai institusi kenegaraan untuk menseleksi setiap orang yang akan ia angkat sebagai pembantunya.

Ia juga berpesan agar publik Indonesia sebaiknya tidak menyalahkan Archandra, juga pihak yang mengusulkan Archandra sebagai Menteri ESDM, tapi keputusan terakhir ada sama Presiden. “Sebagai pemimpin ia harus bertanggungjawab atas kondisi negara dan rakyat serba susah dimana-mana,”ujarnya.

Demi kehormatan bangsa, mereka mendesak Presiden Jokowi sebaiknya legowo mundur dari jabatan Presiden seperti yang dilakukan mantan Presiden Soeharto.

Baca juga :  Inilah Revolusi Mentalmu Jokowi ?

“Apabila Presiden Jokowi tidak segera menyatakan berhenti. Maka kami meminta DPR dan MPR serta MK memproses impeachment atas Presiden Jokowi. Jika tidak, kami akan menggerakkan masyarakat untuk menggeruduk istana mendesak Jokowi agar mundur,”tambah Kang Jana.

Sujana mengingatkan, karena pengangkatan Archandra sebagai menteri ESDM adalah cacat hukum, maka semua keputusan yang telah ia buat juga harus batal demi hukum. Termasuk keputusan Archandra yang kabarnya telah mengeluarkan izin persetujuan bagi PT Freeport untuk mengekspor kondensat.

Hal senada juga disampaikan oleh aktifis senior Bursah Zarnubi yang juga merupakan anggota KAHMI Forever. Menurut Bursah, Indonesia adalah negara hukum. Bangsa ini tidak boleh memberikan toleransi terhadap pelanggaran konstitusi yang dilakukan oleh Presiden.

“Bisa hancur negara ini kalau Presidennya tidak taat terhadap undang-undang. Rakyat harus bergerak untuk mencabut mandat Jokowi sebagai Presiden,” tegas Bursah.

Hingga berita ini ditulis, puluhan aktivis telah bergabung dalam Gerakan Turunkan Jokowi.

Mereka adalah :
1. Syahganda Nainggolan
2. Bursah Zarnubi
3. Sirod M. Rasoma
4. Cak Anam
5. firdaus ibrahim.
6. irman oktavian
7. Dr.indra p
8. Sugeng r
9. Rijal ijal (KOBAR)
10. Ali Norman
11. Wayan Bambang
12. Hariman Siregar
13. Sanusi
14. Sofian Panigoro
15. Inge airawaty
16. Sujana sulaiman
(PRESIDEN KAHMI.FOREVER)
17. Benny pramula
18. Musfir Dahlan
19. Kentaro
20. Ucok Akbar
21. Hendra. D
21. Afrizal Effendi
22. Novarel S. Zuhry
23.Roby egi
24. Nodivel
25. Anhar nasution
26. Kentaro
27. Sarbini
28. Al-buchari
29. Haji Ali
30. Qoyum
31. Sakiti rohim
32. Bambang Budiono
33. Saleh Khalid
34. Leo Mambo
35. Irma
36. Ferdinan s
37. Rayhan
38. Ucok sinambela
39. Rahmat
40. Fajar ahmad
41. Suparlan
42. Effendi
43. Santoso
44. Nasir jamil pks
45. Prof. Mustari mustafa
46. Nasir djamil pks
47. Jamran (AMJU)
48. Ahmad Dhani (AMJAS)
49. Bach RowiHmi
50. Asep supri
51. Sudarwan yusuf
52. Ridwan
53. Syahyuti
54. Syamsuddin
55. Betty Syamsuddin
56. Margo of
57. Arifin
58. Sumardi
59. Jusman Jusuf afan di
60. Dressy
61. Sutarman
62. Yusron
63. Zikrillah gua
64.syarif hidayatullah
65. Sandra chan
66. Polly s

Baca juga :  Unit Lantas Polsek Sukasari Polrestabes Bandung Lakukan Himbauan 3M dan Membagikan Masker

Sumber: mediajakarta.com

A Widhy

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru