oleh

Maskot Pilgub DKI 2017

Jakarta, Kicaunews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta meluncurkan maskot pemilihan kepala daerah tahun 2017. Maskot itu diberi nama Abang dan None Monas (Monumen Nasional). Maskot diciptakan oleh Ikhsan Dwiono, salah satu kontestan yang juga pemenang dalam sayembara pencarian maskot KPU Jakarta sejak 20 April 2016 lalu.

Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno, mengatakan terdapat makna filosofis dari maskot itu. “Ada tiga perpaduan secara filosofis, tiga nilai utamanya adalah modernitas, nilai lokal dan nilai demokrasi,” kata Sumarno.

Maskot ini bersketsa  Monas yang dibalut dengan kebaya dan busana khas Betawi dengan membawa kotak dan surat suara. Sumarno mengatakan modernitas dicerminkan dari sketsa Monumen Nasional yang telah menjadi ikon Kota Jakarta modern dan metropolis. Sedangkan nilai lokal dicerminkan dengan karakteristik busana Betawi yang merupakan nilai budaya khas Jakarta.

Untuk sketsa kotak dan surat suara mencerminkan nilai demokrasi. Tambahan atribut ajakan kepada warga Jakarta untuk memilih Gubernur demi masa depan Ibu Kota. “Nilai-nilai itu berakulturasi menjadi sebuah mozaik demokrasi yang akan memperkokoh nilai-nilai demokrasi di ibu kota,” kata dia.

Dia berharap maskot ini bisa menginspirasi seluruh warga Jakarta untuk memilih pemimpinnya pada tanggal 15 Februari 2017 yang akan datang.

sumber: NET.Z

A Widhy

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru