oleh

Anggaran Semuan Kementerian Dipangkas, Ini Kata Wamenkeu

Jakarta, kicaunews.com — Pemerintah tengah merancang mekanisme pemangkasan anggaran APBN-P 2016. Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan hampir semua Kementerian harus mengencangkan ikat pinggang.

Mardiasmo mengatakan hampir semua Kementerian akan dipangkas anggarannya. “Kecuali yang sudah kecil sekali anggarannya,” kata Mardiasmo di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat, 12 Agustus 2016. Namun, ia tak merinci daftar Kementerian yang akan dipangkas dan tidak.

Menurut Mardiasmo, anggaran yang akan dipotong merupakan anggaran belanja yang bukan prioritas. Salah satunya ialah anggaran perjalan dinas dan dana lelang.

“Program lainnya adalah perjalanan dinas, paket meeting, honorarium, dan kegiatan lain yang tidak prioritas dan tidak mendukung tupoksi,” kata Mardiasmo.

Anggaran yang dipotong, menurut Mardiasmo, hanya sebagian. Ia memastikan anggaran tersebut mencukupi pembiayaan hingga akhir 2016.

Realisasi pemangkasan anggaran masih menunggu terbitnya instruksi presiden. Mardiasmo berharap Inpres rampung secepatnya. “Segera,” kata Mardiasmo.

Pemerintah berencana memangkas anggaran senilai total Rp 133,8 triliun. Anggaran yang dipotong berasal dari belanja pemerintah senilai Rp 65 triliun. Sementara Rp 68,8 triliun lainnya yang akan dipotong merupakan dana transfer ke daerah.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro juga mengatakan pemangkasan anggaran akan diterapkan di semua kementerian.

“Semua kementerian (dipangkas),” kata Bambang usai menghadiri rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat, 12 Agustus 2016. Bambang bungkam saat ditanya mengenai detail besaran anggaran yang dipotong di masing-masing Kementerian.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menggelar rapat koordinasi untuk membahas kelanjutan pemangkasan tersebut. Rapat digelar hari ini di kantornya dan dihadiri oleh pejabat Kementerian PPN dan Kementerian Keuangan. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo turut hadir dalam rapat tersebut.

Sumber : Tempo

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru