oleh

Kehadiran Perempuan di Kancah Politik Bisa Mengharmoniskan Bangsa

Jakarta, Kicaunews.com – Lembaga Advokasi Hak Asasi Internasional (Leadham Internasional) bekerja sama dengan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri mengadakan Lokakarya dengan tema “Sosialisasi Partisipasi Politik Kaum Perempuan Dalam Keikutsertaan di Lembaga Legislatif” bertempat di Resto Kartika Jakarta Pusat, minggu (31/7/2016).

Ketua Panitia Lokakarya sekaligus Ketua Leadham Internasional DPW Jateng Ir Rismauli D. Sihotang yang akrab disapa Risma.

Dalam kata sambutannya Risma mengatakan misi kami yaitu memperjuangkan hak-hak asasi kaum perempuan untuk duduk setara di dalam pemerintahan khususnya di Lembaga Legislatif.

Partisipasi perempuan Indonesia dalam politik bukanlah merupakan hal yang baru lagi. Perempuan Indonesia telah turut serta secara aktif dalam pergerakan kebangsaan bahkan sebelum datangnya masa kolonialisme ujar Risma.

Keterwakilan perempuan dalam politik didasarkan pada UU No.10 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD serta UU No.2 Tahun 2008 tentang Partai Politik yang berisi mandat kepada Parpol untuk memenuhi kuota 30 persen bagi perempuan dalam politik, terutama dalam Lembaga Perwakilan Rakyat tutur Risma.

Acara lokakarya dibuka oleh Kasubdit Fasilitas Peningkatan Demokrasi Kemendagri Dra Elly Yuniarti MM.

Ditemui Media disela-sela acara Lokakarya Elly mengatakan partisipasi kaum perempuan di Lembaga Perwakilan Rakyat mengalami penurunan meskipun Undang-Undang telah mensyaratkan adanya kuota 30 persen bagi perempuan.

Elly berharap kedepan kaum perempuan bisa diberikan kesempatan luas untuk menunjukkan kemampuannya dalam membangun bangsa ini dalam dunia politik dan pemerintahan.

Mudah-mudahan kuota 30 persen bagi perempuan di Lembaga Perwakilan Rakyat bisa kita kawal bersama dengan rekrutan kader perempuan. Dan tidak menjadi tabu perempuan aktif dalam kancah politik. Kadang-kadang laki-laki lebih dominan sehinggga perempuan menjadi rikuh ungkap Elly.

Baca juga :  Perempuan, Pembangunan dan Kesejahteraan Negara

Kehadiran perempuan di kancah politik bisa mengharmoniskan bangsa. Bersatu padu perempuan Indonesia untuk menghantarkan generasi penerus bangsa tutup Elly. (Sunarto)

Editor : Rahmat Saleh

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru