oleh

Jika Arus Balik Macet, Ketua MPR : Setuju Kalau Tol Di Gratiskan

Jakarta, kicaunews.com — Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, menyatakan pihaknya menyambut baik wacana menggratiskan tol jika arus balik Lebaran mengalami kemacetan panjang.

Menurut Zulkifli, kemacetan saat arus mudik kemarin salah satunya terjadi akibat antrean membayar tol. Dampaknya, terjadi stagnasi berpuluh-puluh jam bahkan menimbulkan banyak korban.

“Kalau memang arus balik padat di jalur tol akibat pembayaran, apa salahnya digratiskan untuk biaya masuk tol? Ini supaya arus mudik bisa lancar dan pemudik sampai di tempat tujuan dengan selamat tanpa banyak memakan waktu di jalan,” jelas Zulkifli Hasan seperti dilansir beritasatu.com, Jumat (8/7).

“Karena proses pembayaran tol sangat menghambat laju jalan para pemudik.”

Wacana menggratiskan tol itu sendiri pertama kali disampaikan oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Oleh Hidayat Nurwahid, Wakil Ketua MPR dari Fraksi PKS, ide itu juga didukung.

Zulkufli juga mengingatkan bahwa hidup itu sangat berharga. Dia sangat prihatin dengan banyaknya kecelakaan dan korban saat mudik kemarin. Menghadapi arus balik, semua pihak hendaknya mengutamakan keselamatan.

“Lebih baik terlambat tapi selamat, daripada cepat tapi berbahaya. Bagi pemotor pakai helm. Untuk pengendara mobil jangan lupa pakai sabuk keselamatan dan perhatikan rambu-rambu lalu lintas,” katanya.

Lebih jauh Zulkifli mengingatkan agar para sopir, baik angkutan umum maupun mobil pribadi, untuk menjaga kondisi badan.

“Jangan paksakan membawa kendaraan bila ngantuk. Perhatikan rambu-rambu lalu lintas yang ada serta hati-hati di jalan. Jangan kebut-kebutan karena membawa banyak penumpang yang ingin sampai di tempat tujuan dengan selamat. Dan untuk para penumpang untuk menjaga barang bawaannya jangan sampai tercecer dan hilang,” jelasnya.

Zulkifli sendiri, di H+3 Lebaran, memilih untuk berkunjung ke Provinsi Lampung. Dia bahkan melakukan acara nonton bareng siaran langsung Semi Final Piala Eropa bersama warga Lampung di Kawasan Way Halim. Dia hadir di Lampung dalam rangka sidak arus balik di Pelabuhan Bakauheni, esok (9/7).

Baca juga :  Pengamat: Pilpres 2019, Tiga Figur Ini Yang Harus Diperhitungkan

Sumber : BeritaSatu.com

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru