oleh

Tingkatkan Kemampuan Tanggap Bencana, Menwa Indonesia : Lakukan MoU dengan Jakarta Rescue

Jakarta, kicaunews.com — Di bulan Ramadhan 1437 H ini, tampaknya tidak membawa berkah bagi sebagian saudara-saudara kita yang tinggal di pesisir selatan Jawa Tengah. pasalnya, Kabupaten Kebumen dan Purworejo dilanda banjir bandang yang merenggut jiwa warganya. Kondisi yang memprihatinkan ini sebagai tanda bahwa bencana alam masih mengancam negeri kita.

Melihat situasi ini, Resimen Mahasiswa atau Menwa Indonesia sebagai bagian dari generasi muda yang berwawasan kebangsaan, patriotis dan memiliki pemahaman akan hak dan kewajiban tentang Bela Negara, tidak bisa berdiam diri. Menwa yang terlahir sejak kancah revolusi fisik ini tak pernah absen dalam upaya membantu penanganan bencana. Hampir disetiap kawasan terlanda bencana Menwa turut serta bersama elemen bangsa lainnya dalam membantu penanganan korban bencana, baik saat berlangsung maupun pasca bencana. Baik Secara langsung maupun tidak langsung.

Upacara Penandatangan MoU
Upacara Penandatangan MoU dipimpin Langsung Wakil Komandan Nasional Menwa Indonesia Erwin H Al Jakartaty

Untuk itulah, dengan mencermati ancaman kemungkinan  terjadi nya bencana alam di berbagai daerah di masa mendatang, maka Komando Nasional Resimen Mahasiswa Indonesia atau Konas Menwa menyiapkan personilnya dengan melakukan peningkatan kapasitas sebagai relawan tanggap bencana. Langkah ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) antara Konas Menwa dengan Jakarta Rescue, sebuah lembaga relawan bersertifikasi internasional yang kerap terlibat dalam penanggulangan bencana baik di dalam maupun luar negeri dan juga melatih kemampuan Urban Search and Rescue (USAR) dibeberapa negara Asia.

“Peningkatan kapasitas kemampuan anggota Menwa dalam manajemen bencana amat diperlukan, karena sebagai kader muda bangsa yang sudah ditempa pendidikan fisik ala militer dipadu dengan basis akademik menjadikan anggota kami siap sedia dengan cepat dan tepat dalam membantu meringankan korban bencana”, demikian tukas Wakil Komandan Nasional Menwa Indonesia, Erwin H. Al Jakartaty di markas komando Menwa Jayakarta, Pulomas 26 Juni 2016.

Baca juga :  Jajaran Polsek Cimahi Himbau Masyarakat Jaga Diri Mereka Dengan 3M + 1T

Penandatangan MoU ini merupakan wujud komitmen Menwa sebagai bagian dari rakyat terlatih untuk berdarma bakti pada negeri. Disela penandatangan MoU itu, Erwin selaku Wadankonas Menwa Indonesia mewakili Dankonas Menwa Ariza Patria, menyematkan pula baret menwa kepada 9 orang personil Jakarta Rescue dan mengangkatnya sebagai anggota kehormatan Menwa Indonesia.

Sementara itu, diacara yg sama, Danmenwa Jayakarta Raden Umar turut menegaskan bahwa jajarannya siap untuk menindak lanjuti Kesepakatan itu dgn menyiapkan personil nya yg terpilih untuk mengikuti pelatihan USAR di bawah bimbingan instruktur Jakarta Rescue.

Erwin juga mengharapkan bahwa langkah Menwa Jayakarta ini diikuti pula oleh Menwa didaerah lainnya se-Indonesia. “Kebetulan dalam acara ini hadir pula komandan Menwa Mahasurya, Jawa Timur Atfiah El Zamzami” tukas nya lbh lanjut. Acara MoU dan Penganugerahan anggota Kehormatan Menwa Indonesia ini pun diakhiri dengan Buka Puasa bersama dan dilanjut dgn sesi pertama Pelatihan awal training of trainer USAR yang diikuti oleh puluhan anggota Menwa Jayakarta.(Red)

Editor : Rahmat Saleh

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru