oleh

Jelang Lebaran 2016, Lion Air buka ‘extra flight’ di Pekanbaru

Pekanbaru, kicaunews.com — Maskapai Lion Air Grup mulai merealisasikan extra flight atau penerbangan tambahan dua frekuensi terbang dalam satu hari demi mengantisipasi lonjakan pemudik Lebaran 2016 di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru.

“Ya, benar. Kami memang ada extra flight, tetapi cuma dua frekuensi terbang per hari dan mulai direalisasikan hari ini,” ujar Kepala Lion Air Grup Area Wilayah Pekanbaru, Kepulauan Riau dan Pontianak, Novianti Masriani Harahap di Pekanbaru, Jumat (24/6).

Dia menjelaskan, penerbangan tambahan tersebut efektif beroperasi selama 24 hari dan mulai dioperasikan pada tanggal 24 Juni atau H-11 sampai dengan 18 Juli 2016 atau H+13 Lebaran tahun ini.

Kedua frekuensi terbang itu masing-masing maskapai Lion Air rute Pekanbaru-Batam pulang pergi satu kali sehari dan Batik Air dengan rute Pekanbaru-Jakarta pulang pergi satu kali satu hari.

“Jadi Lion Air terhitung mulai hari ini miliki penerbangan tujuan Batam total menjadi empat kali per hari dan Batik Air tujuan Jakarta jadi tujuh kali sehari, termasuk satu frekuensi terbang dari atau menuju Bandara Internasional Halim Perdanakusuma,” jelasnya.

Data terakhir Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II menyebut, operasional Lion Air Grup terdiri dari empat maskapai dengan total penerbangan di waktu normal 20 kali frekuensi terbang dalam satu hari seperti Lion Air melayani rute Pekanbaru-Jakarta tujuh kali.

Lalu Batik Air rute Pekanbaru-Jakarta enam kali, Lion Air dengan rute Pekanbaru-Batam tiga kali, Lion Air rute terbang Pekanbaru-Medan dua kali, Wings Air penerbangan Pekanbaru-Jambi satu kali dan terakhir Malindo Air tujuan Pekanbaru-Malaka satu kali.

“Insya Allah, kita berusaha untuk on time atau tepat waktu baik kedatangan atau keberangkatan. Lion Air Grup menargetkan on time di atas rata-rata minimal 90 persen. Hal tersebut tidak ada masalah bagi kita di musim mudik Lebaran ini,” ucap Novianti.

Ketua Komoditas Operator Penerbangan (AOC) Pekanbaru, Wahyu Wijanarko mengatakan, sampai saat ini baru maskapai Lion Air Grup mendapat persetujuan melakukan extra flight di musim angkutan mudik Lebaran tahun ini.

“Untuk sementara ini, sudah ajukan dan dapat persetujuan dari otoritas bandara, baru Lion dan Batik. Sedangkan operator lain di Pekanbaru, belum ada,” katanya.

General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Sultan Syarif Kasim II, Jaya Tahoma Sirait sebelumnya mengaku, dua operator telah mengajukan penambahan frekuensi penerbangan di bandara setempat demi melayani permintaan calon penumpang selama mudik Lebaran 2016.

“Ada dua maskapai yang menyatakan akan menambah penerbangan, yakni Lion Air tujuan Batam dan Batik Air tujuan Jakarta,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya selaku otoritas Bandara SSK II sudah melakukan persiapan untuk menjamin pelayanan selama arus mudik dan balik saat perayaan Idul Fitri 1437 Hijriah.

Menurut dia, prediksi jumlah penumpang pesawat pada Lebaran tahun ini yang melalui Bandara Pekanbaru berkisar 14.600 hingga 15.000 orang setiap hari.

“Perkiraan kami akan ada kenaikan jumlah penumpang saat Lebaran berkisar enam sampai delapan persen dibandingkan tahun lalu,” kata Jaya(Kontan.co.id)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru