oleh

2017-2019, BPK-RI Terpilih Sebagai Project Leader Untuk Data Analytics Project

Kicaunews.com — Anggota VI BPK-RI, Prof Bahrullah Akbar, memimpin delegasi BPK-RI pada 25th Meeting of INTOSAI Working Group of IT Audit (WG-ITA) tanggal 26-27 April 2016 Bulan Lalu di Brasilia, Brazil. Pertemuan ini membahas laporan penyelesaian enam project WG-ITA pada Workplan 2014-2016 oleh tiap project-leader, dan update IT Audit Handbook project oleh WG-ITA dan IDI.

Pertemuan juga berhasil memfinalisasi draf WG-ITA Workplan 2017-2019 yang berisi 6 projects untuk diselesaikan selama periode tersebut. Pada pertemuan ini BPK-RI terpilih sebagai project leader untuk Data Analytics Project (Area : IT Audit Techniques), yang beranggotakan 11 SAI dari negara lain termasuk Jepang, Amerika Serikat, dan Brazil).

Prof Bahrullah menyambut baik kepercayaan yang diberikan oleh INTOSAI WG-ITA kepada BPK-RI sebagai project leader. Ini membuktikan bahwa sistem, prosedur, dan praktek IT yang ada di BPK-RI telah diakui kehandalannya oleh dunia internasional. Prof Bahrullah menyatakan komitment penuh BPK-RI untuk memimpin penyelesaian project ini sesuai dengan timetable dan prasyarat teknis yang telah ditetapkan oleh WG-ITA.

Pada pertemuan ini Prof Bahrullah juga mendapat kepercayaan untuk mempresentasikan country paper tentang praktek e-Audit di BPK. Dengan komponen berupa e-audit portal, master of consolidator agent, dan document management, Prof Bahrullah memaparkan lesson learned dan way forward implementasi e-audit, yaitu data continuity, data types, dan portal limitation, sebagai tantangan yang dihadapi SAI dalam penerapannya Kegiatan dilanjutkan dengan 8th Performance Auditing Seminar on IT Audit dengan dua tema besar yaitu Data Analysis Tools &Methods, dan Moving Towards Big Data.

Seminar menampilkan presentasi dari 7 SAI, termasuk SAI Amerika Serikat, Jepang, Brazil dan India. Prof Bahrullah menilai tema seminar ini sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan dari praktek IT di BPK-RI saat ini. Beliau menyatakan bahwa presentasi dan diskusi pada seminar ini banyak memberikan pelajaran berharga dan masukan bagi pengembangan praktek IT dan implementasi e-audit di BPK-RI di masa mendatang.(bahrullah.com)

Editor : Rahmat Saleh

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru