oleh

‘Muhammadiyah Engineers Fest 2016’, Persiapan SDM Insinyur Indonesia Tangguh

Jakarta, kicaunews.com – MUNEERS FEST 2016 dengan tema “MENINGKATKAN KOMPETENSI SARJANA TEKNIK MENUJU PROFESI INSINYUR INDONESIA MENGHADAPI GLOBALISASI DUNIA KERJA” digelar selama bulan Mei-Juni 2016 yang pucaknya ENGINEERS NITE merupakan acara puncak dari seluruh rangkaian kegiatan di MUNEERS FEST 2016 pada 4 Juni 2016.

Rangkaian acara ini meliputi “SEMINAR NASIONAL” merupakan acara yang ditujukan untuk para praktisi dan mahasiswa teknik kimia dalam inovasi  teknologi di bidang industri kelapa sawit dengan tema acara  “Penerapan Teknologi Inovatif dalam Industri Berbasis Minyak Kelapa Sawit (Hilirisasi Industri Kelapa Sawit) dalam Perspektif Pengembangan Penelitian dan Industri “ dengan narasumber Ir. Indrabudi Susetyo MSc peneliti Sawit BPPT, PT. Pasadena Engineering dan Lembaga  Bangun Energi.

Kegiatan kedua yaitu SOFT SKILLS TRAINING merupakan kegiatan pelatihan Simulasi Proses dalam memberikan bekal keahlian engineering dan kecepatan memacu mahasiswa dalam penyelesaian Tugas Akhir Prarancangan Pabrik Kimia oleh trainer dari Lembaga Bangun Energi. Puncak sekaligus penutup adalah ENGINEERS NITE dalam talk show interaktif yang menghadirkan para pakar dan ahli di bidang keinsinyuran dan  para stakeholder industri diantaranya Ir. Lukmanul Hakim,IPM yang merupakan Direktur perusahaan Safety PT. Lebs Solution sekaligus Direktur Eksekutif BKPII, Ir. Heri Setiono, IPM Wasekjend BKKPII yang telah mempunyai pengalaman kerja di berbagai Industri yang  keduanya merupakan majelis penilai Badan Kejuruan Kimia Persatuan Insinyur Indonesia (BKKPII), Ir. Thanthowi  Djauhari,MM dari PT. Indocement.

Talkshow sangat menarik seputar persiapan SDM Insinyur yang tangguh dalam globalisasi dunia kerja. Para pakar membahasnya dari sisi industri, PII dari segi regulasi UU Keinsinyuran dan profesi Insinyur, Akademisi  Ir. Irfan Purnawan, M.Cham.Eng. Nurul Hidayati Fithriyah, PhD, Dr.Ir. Tri Yuni Hendrawati,IPM, Ir. Alvika Metasari,M.Chem.Eng, Ir. Yustinah,MT melengkapkan sisi akademik Teknik Kimia dalam mempersiapkan Sarjana Teknik yang tangguh dan siap berkembang, demikian disampaikan Ketua Himateka UMJ Rachmat Mulyono.

Baca juga :  BPD Desa Blukbuk: Berkat TMMD Jalan Kami Jadi Bagus

Mazin Balweel dan Muhammad Ilham S yang mewakili panitIa mengemukakan kegiatan ini dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia di Jurusan Teknik Kimia serta membekali Mahasiswa Teknik Kimia dengan berbagai soft skills yang dapat menunjang keilmuan keteknikkimiaan. Para narasumber Industri memberikan motivasi kepada mahasiswa pentingnya penguasaan Bahasa asing terutama Bahasa Inggris dalam meningkatkan kompetensi dunia kerja dan perlunya collaborative advantage dalam pengelolaan organisasi.

Acara Engineers Night dihadiri krang lebih 100 mahasiswa Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Mesin dan Teknik Lain dari UMJ dan Luar UMJ dan meriah dengan joke khas Engineer. Majulah terus Mahasiswa Teknik UMJ menuju persaingan global SDM Insinyur. Viva Teknik Kimia UMJ, Viva Fakultas Teknik UMJ, dan Universitas Muhammadiyah Jakarta berkemajuan menuju World Class University.

Editor : Rahmat Saleh

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru