oleh

Daerah-Daerah Yang Diprediksi Mengalami Curah Hujan Atas Normal

Jakarta, Kicaunews.com – Daerah- daerah yang diprediksi mengalami curah hujan diatas normal pada periode musim kemarau (Juli, Agustus dan September) meliputi : Sumatera Utara Bagian Barat, Sumatera Barat Bagian Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Bagian Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Demikian disampaikan kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Andi Eka Sakya pada acara presscon perkembangan kondisi cuaca dan iklim 2016 pada saat bulan puasa di Kantor BMKG Kemayoran, Jakarta (3/6). BMKG memprediksi peluang La Nina mulai muncul pada periode JAS (Juli, Agustus dan September) 2016 dengan intensitas lemah sampai sedang.

Indeks depole  mode diprediksi menguat pada bulan Juli s/d September yang dapat memicu bertambahnya potensi curah hujan di wilayah Barat Sumatera dan Jawa. Untuk wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara tidak terdampak oleh Dipole Mode dan sifat hujan di wilayah tersebut pada musim kemarau 2016 diprediksi normal.

Perlu diwaspadai terjadinya fenomena La Nina yang bersamaan dengan terjadinya Indeks Dipole mode negatif dapat berdampak pada meningkatnya potensi curah hujan pada periode musim kemarau 2016 dan periode musim hujan tahun 2016/ 2017.

Hal ini memungkinkan beberapa daerah mengalami periode musim kemarau dengan sifat hujan atas normal (kemarau basah) dan periode musim hujan dengan curah tinggi yang dapat berpotensi menimbulkan banjir pungkasnya. (Sunarto)

Editor : Rahmat Saleh

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru