oleh

Anda Menjadi Orang Baik Maka Anda Bahagia

Jakarta, Kicaunews.com – Bagaimana kita dapat mencapai kebahagiaan? Apakah memanjakan diri dengan beragam kesenangan merupakan cara ampuh untuk mencapai kebahagiaan? Apakah dengan membeli dan memiliki apa saja yang kita inginkan dapat mengubah “kegalauan” menjadi kebahagiaan? Apakah dengan semakin banyaknya benda dan fasilitas hidup yang kita miliki akan turut meningkatkan level kebahagiaan hidup kita?

Blair Lewis (2007) dalam bukunya The Revolution of  Happiness menulis, masyarakat modern telah membawa kita pada suatu kepercayaan bahwa kebahagiaan bersifat eksternal dan mahal. Anda tahu itu tidak benar.  Namun kita semua menyukai “quick fix” meski menyadari kita telah memanjakan hayalan kita.  Jadi,  sebagaimana kita hidup dalam ketergesa-gesaan, stres, dan over-skedul, kita terus saja membeli ilusi kenikmatan dan karenanya kita dikecewakan lagi dan lagi.

Dalam bukunya itu Lewis ingin menunjukkan bahwa kebahagiaan bersumber dari dalam diri kita sendiri, tidak perlu membeli apapun. Ia juga menyayangkan bahwa kebahagiaan bukan menjadi tujuan dari kedokteran modern. Padahal, menurut pengalaman Lewis di bidang medis, kebahagiaan adalah kunci bagi kesehatan yang bagus. ”Namun jika kebahagiaan Anda bergantung pada benda-benda fisik maka itulah jalan menuju kemusnahan dan kehancuran”, tegasnya.

Martin E. P Seligman, Profesor Psikologi dan Direktur Positive Psychology Center di University of Pennsylvania, mengatakan bahwa kebahagiaan hanya sedikit berurusan dengan kesenangan (pleasure) dan lebih banyak berhubungan dengan pengembangan karakter dan kekuatan personal. Pengembangan karakter dan kebajikan universal, memberikan kepuasan hidup dan kebahagiaan.

Dengan menempuh jalan kebaikan manusia akan memenuhi hatinya dengan kebahagiaan. Jadi, sederhana saja: kebaikan adalah sumber kebahagiaan. Dengan melakukan kebaikan maka Anda akan bahagia. Bahkan lebih dari itu, menurut sejumlah penelitian, kebahagiaan yang dicapai oleh individu akan menjadi energi pendorong menuju kesuksesan. Kata Blair Lewis, ketika Anda mulai melakukan upaya untuk mencapai kebahagiaan dengan memanfaatkan apa yang Anda tahu dan pahami maka kesuksesan akan datang dengan mudah dan cepat.

Baca juga :  Anggota Polsek Haurgeulis Satgas Nusantara Laksanakan Kegiatan Binluh

Kebaikan, berpikir positif, dan memiliki kebiasaan positif adalah modal utama untuk meraih kebahagiaan dalam hidup ini. Sebab seseorang dengan nilai-nilai positif akan lebih mampu untuk memaknai hidupnya secara positif, membangun hubungan yang sehat (dengan keluarga, teman, dan relasi) serta mampu menunjukkan sikap empati, kasih sayang dan kepedulian terhadap sesama—khususnya terhadap mereka yang tengah dalam kesulitan.

Singkatnya, menjadi orang baik adalah pangkal hidup bahagia. Makin banyak kebaikan yang dilakukan dengan tulus ikhlas tentunya maka semakin tinggi level kebahagiaan yang akan dirasakan.

Penulis :  Sahrul Mauludi

Editor   :  Rahmat Saleh

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru