oleh

Lembaga Putra Bangsa Gelar Seminar Pemahaman Tentang NKRI

Kabupaten Bogor, Kicaunews.com – Dalam rangka memperingati Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2016, Lembaga Putra Bangsa (LPB) gelar Seminar Nasional pada hari Minggu (29/05/2016) bulan lalu di aula Kantor Desa Jagabita, Kabupaten Bogor.

Dengan mengusung tema “Pemahaman Kebangsaan Untuk Kedaulatn Negra Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Pada Generasi Muda” yang dihadiri oleh Danramil Desa Jagabita, Kepala Desa Jagabita, utusan dari Kementrian Dalam Negri (Kemendagri), Ketua KNPI Kecamatan, Tokoh Masyarakat dan Pemuda Desa Jagabita.

Fenomena umum masyarakat dunia memasuki abad XXI adalah kurang peduli terhadap faham nasionalisme atau wawasan kebangsaan, tidak terkecuali masyarakat Indonesia yang sebagian besar kini menunjukkan kurang perhatian dalam memelihara, menjaga serta mengembangkan wawasan kebangsaannya.

Hal tersebut dipicu oleh situasi perkembangan kehidupan manusia yang mengarah pada kehidupan individualistik. Masyarakat kurang mempunyai rasa kepedulian terhadap kehidupan bersama terutama rasa cinta pada negara jauh terpinggirkan. Gambaran kondisi kehidupan masyarakat Indonesia seperti itu perlu dicari solusinya agar NKRI tetap utuh dan kokoh.

Globalsiasi memang merupakan keniscayaan dan tidak dapat dihindari serta sangat berpengaruh pada afinitas kebangsaan, dan oleh karena itu perlu disikapi secara arif dan bijaksana. Arus globalisasi dapat menyebabkan nilai-nilai yang mengikat persatuan bangsa terabaikan, tergeser oleh nilai-nilai dari luar yang dipandang sebagai nilai universal. Nilai-nilai kebebasan, kesetaraan, faham liberalisme diterapkan tanpa dilandasi oleh adat budaya bangsa. Kondisi tersebut menggambarkan melunturnya semangat nasionalisme. Akibatnya banyak warganegara merasa tidak terikat dengan negara bangsanya. Tidak merasa memiliki, tidak mempunyai rasa tanggung jawab serta tidak merasa bangga sebagai warga bangsa Indonesia.

Untuk itu perlu diupayakan dengan sungguh-sungguh dan serius gerakan untuk memperkokoh wawasan kebangsaan. Melalui kegiatan tersebut diharapkan seminar dapat lebih menumbuh-kembangkan rasa cinta dan bangga sebagai orang Indonesia, cinta pada negara dan rela berkorban demi bangsa dan negaranya. (Putra)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru