oleh

Temu Relawan LKM Cipinang Muara

Jakarta, kicaunews.com –  ( 10/05), Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) menggelar acara temu relawan di aula kelurahan cipinang muara.Pak Bambang Irawan,SH selaku ketua LKM yang juga ketua RW 02 mengatakan temu relawan ini di hadiri oleh lima RW Fokus yang ada di wilayah Kelurahan cipinang muara yaitu RW 02,RW 01,RW 05,RW 06,dan RW 11 juga di hadiri kordinator kota jakarta timur, sekretaris kelurahan cipinang muara pak Ciptono,SE juga datang mewakili kepala kelurahan cipinang muara. Melalui kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas relawan LKM ini sudah hampir tujuh tahun berjalan.

Kordinator kota jakarta timur mengatakan dalam pemaparan nya program dahulu yang di gulirkan bernama pnpm berganti nama menjadi ” Kotaku” Kota Tanpa Kumuh dan program ini mulai tahun 2016 sampai 2019. Sesuai RPJM Dirjen Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat fokus untuk mewujudkan pemukiman yang layak huni, hingga tercapai 0 ha kumuh tanpa menggusur, melalui program KOTAKU ( Kota Tanpa Kumuh ). Program ini akan di laksanakan secara nasional di 269 kota/ kabupaten di 34 propinsi.

Lokasi penerima program KOTAKU di DKI Jakarta di RW yang melaksanakan pendataan BASELINE 100-0-100.

Adapun tolak ukur program Kotaku :

1.Meningkatnya akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar d kawasan kumuh, meliputi : keteraturan bangunan, jalan lingkungan, drainase lingkungan, penyediaan air bersih,pengelolaan sampah serta ruang terbuka publik.

2.Menurunnya luasan kawasan kumuh,dalam RPJM 2015-2019 luasan pemukiman kumuh 38.431 Ha.

3.Terbentuknya Pokja PKP ( kelompok kerja- pemukiman kumuh perkotaan) di tingkat kota untuk mendukung program kotaku.

4.Penerima manfaat puas dengan kualitas infrastruktur dan pelayanan perkotaan di kawasan kumuh.

Tahapan program KOTAKU di tingkat kelurahan yaitu Tahap perencanaan, Tahap Implementasi Perencanaan belom kolaborasi kelompok peduli ( csr) dan terakhir tahap berkelanjutan. Semoga dengan program Kotaku ini kota kita benar benar bersih tidak kumuh lagi.Aamiin ( A.Widhy)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru