banner 728x250

Mengetahui Golongan Darah Bagi Kader Ansor Itu Perlu

  • Bagikan
Petugas memerikasa tensi darah kader Ansor Way Kanan
banner 468x60
Way Kanan, Kicaunews.com – Setelah mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Way Kanan ke 17 tahun, di Blambangan Umpu, Rabu (27/4). Kader Gerakan Pemuda Ansor mendatangi stand donor darah Palang Merah Indonesia (PMI) di depan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).
“Sangat perlu kader Ansor mengetahui jenis golongan darahnya karena akan memiliki manfaat. Donor darah ini termasuk sedekah, bahkan saya ingin donor lagi,” ujar Dewan Penasehat Ansor PAC Negara Batin Muhammad Anas Zahroni.
Ketua PAC Ansor Negara Batin Hozin Munir mengaku baru pertama kali mendonorkan darah. Namun ia mengaku senang sehubungan bisa berbuat maslahat.
“Alhamdulillah tidak ada masalah, baru pertama kali donor darah semoga bisa berguna bagi orang lain, selain kita mengetahui golongan darah kita sendiri,” katanya.
Wakil Ketua I Bidang Organisasi dan SDM PMI Way Kanan Bambang Sujarwo menyatakan Ansor merupakan organisasi yang aktif mengajak masyarakat donor darah.
“Bahkan ada komitmen dari Ansor mengajak PMI setiap tiga bulan sekali menggelar donor darah. Tentu saja ini baik dan bermanfaat,” kata Bambang lagi.
Ketua PC GP Ansor Way Kanan Gatot Arifianto mengharapkan setiap kader Ansor bisa berbagi untuk sesama dengan donor darah serta mengetahui golongan darahnya.
“Hal tersebut menjadi penting. Pertama, kondisi geografis Way Kanan yang luas. Kedua, belum adanya semacam bank darah di Way Kanan. Jika terbiasa berdonor dan tahu golongan darahnya, sewaktu-waktu ada kader atau masyarakat yang butuh darah dengan golongan tertentu tidak kesulitan untuk mencari pendonor,” ujar dia lagi.
Dengan adanya pengetahuan golongan darah, kader di kampung-kampung bisa menghimpun kelompok sesuai golongan darahnya, dan itulah salah satu fokus harus dilakukan Gerakan Pemuda Ansor, yakni aksi nyata untuk kemanusiaan.
“Jika ada ibu mau melahirkan dan membutuhkan darah namun harus kesana-kesini mencari pendonor tentu akan merepotkan. Kenapa tidak kader Ansor berperan dalam kemanusiaan melalui lini ini?” kata Gatot.
Editor : Rahmat Saleh
Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *