oleh

Bersihkan Kampus dari Sampah Rokok, Begini Cara Mahasiswa UIN Jakarta

 

Tangerang Selatan, kicaunews.com – Sekelompok mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar Aksi Kampanye “Bersihkan UIN Jakarta dari Sampah Rokok”. Aksi tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bumi yang memang jatuh setiap tanggal 22 April.

Kegiatan ini diikuti oleh anggota UKM dan Komunitas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yaitu UKM LDK Syahid, Islamic Otaku Community dan No Tobacco Community. Dalam aksinya, teman-teman menyuarakan agar sivitas akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta turut berperan aktif dalam menjaga dan merawat lingkungan.

Bagja Nugraha, dari No Tobacco Community, memaparkan, Allah telah berfirman di dalam surat Ar-Rum ayat 41, ‘Telah nampak kerusakan di bumi dan di laut disebabkan oleh tangan-tangan manusia.’ Maka sudah sepatutnya bagi kita untuk menjaga dan merawat kelestarian lingkungan.

Mengenai pesan kunci yang disampaikan, yaitu ‘Bersihkan UIN Jakarta dari Sampah Rokok’, Bagja menjelaskan, “Sesuai dengan Kode Etik Mahasiswa, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah Kawasan Bebas Rokok. Namun sayangnya masih banyak orang yang merokok di kampus dan membuang puntungnya sembarangan. Puntung rokok yang dibuang sembarangan ini kan namanya tidak merawat lingkungan. Dan itu diawali dari pelanggaran terhadap Kode Etik Mahasiswa, yaitu merokok di kampus. Puntung rokok baru bisa terurai di alam dalam waktu ± 5 – 10 tahun.”

Senada dengan hal tersebut, Muhammad Gifari, Sekretaris Umum UKM LDK Syahid, menambahkan, “Kita harus berbuat untuk mengatasi kerusakan-kerusakan yang terjadi di bumi ini. Dan lain dari pada itu, bagi saya, merokok di sembarang tempat – yang juga membuang puntung rokoknya sembarangan – adalah bentuk kedzaliman yang harus dihentikan.”

Selain mengajak sivitas akademika untuk menegakkan aturan Kampus Bebas Rokok, teman-teman juga menyuarakan soal Diet Kantong Plastik dan pengurangan penggunaan lift di fakultas sebagai ‘gaya hidup hijau’ menuju Green Campus.

Baca juga :  Jelang Debat Perdana Cagub dan Cawagub DKI Jakarta Tim Gegana Polda Metro Jaya Sterilkan Lokasi Debat

Kampanye ini juga diikuti oleh teman-teman dari Islamic Otaku Community yang menggunakan atribut cosplay saat aksi. “Kami, Islamic Otaku Community, turut serta dalam aksi kampanye ini karena ingin menujukkan bahwa komunitas kreatif yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta juga peduli terhadap lingkungan dan mendukung ditegakkannya aturan dari Rektor, khususnya Kawasan Bebas Rokok yang tercantum di dalam Kode Etik Mahasiswa. Agar lingkungan kampus memiliki udara yang bersih dan sehat tanpa asap rokok.” papar Isma Sahri yang mewakili Islamic Otaku Community.

Tidak hanya menghiasi aksi kampanye dengan penampilan kawaii-nya, para cosplayer juga turut menyemarakkan dengan melakukan pembacaan puisi berjudul “Namaku Alam” serta menampilkan poster-poster bertemakan lingkungan dan pengendalian tembakau.

Mereka berkeliling ke beberapa fakultas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, seperti: Fakultas Adab dan Humaniora – Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikai – Fakultas Usuludin dan Filsafat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis – Fakultas Sains dan Teknologi, dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Orasi dan Pembacaan Puisi dilakukan di setiap kunjungan ke fakultas-fakultas tersebut dan menarik atensi dari sivitas akademika.

Di akhir aksi kampanye, teman-teman mahasiswa menyatakan, “Kami mendukung UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi Kampus Hijau dan Kampus Bebas Rokok sebagai langkah menuju World Class University.”(Cirizen, Mahasiswa UIN Jakarta Bagja)

Editor : Rahmat Saleh

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru