oleh

Siapkan Sdm Insinyur, Teknik Kimia Fakultas Teknik  Umj Lakukan Kunjungan Pabrik Ke PT Chandra Asri Petrochemical

Jakarta, kicaunews.com — Kunjungan Industri merupakan salah satu proses pembelajaran disemua jurusan di setiap universitas seperti di Teknik Kimia, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Tidak hanya kunjung industry, mahasiswa bias langsung meligan sebuah proses serta  dalam rangka membentuk SDM Sarjana Teknik Kimia yang kompetitif dan siap kerja, Teknik Kimia Fakultas UMJ terus mendongkrak spirit mahasiswanya.

Demikian Kata Dr. Nurul Hidayati Fithriyah selaku Kaprodi Teknik Kimia yang merupakan alumni dari The University of Manchester, Inggris ini kepada kicaunews.com di Jakarta belum lama ini.

Mengawali semester genap 2015/2016 ini, Nurul menambahkan, jurusan kembali mengadakan kunjungan industri ke satu-satunya pabrik monomer olefin di Indonesia, yaitu PT Chandra Asri Petrochemical, Tbk. (CAP) di Cilegon yang berlangsung pada tanggal 10 April 2016.

“Kunjungan yang diikuti secara antusias oleh dosen dan mahasiswa dalam mengasah kompetensi praktek kerja lapangan yang merupakan aplikasi matakuliah yang ditempuh,” kata Nurul.

Dijelaskannya, Kegiatan ini diikuti 50 mahasiswa tingkat akhir dan juga 7 orang dosen, yaitu Wakil Rektor III UMJ, Bapak Irfan Purnawan, ST, MChemEng, Alvika Metasari, ST, MChem.Eng selaku Sekretaris Jurusan, Kepala Unit Laboratorium Operasi Teknik Kimia, dan tiga orang dosen pendamping lainnya.

“Kegiatan ini diselenggarakan dengan maksud untuk mengenalkan dunia industri khususnya petrokimia kepada mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengambil mata kuliah Kerja Praktek maupun tugas akhir Pra-rancangan Pabrik Kimia, sehingga diharapkan mahasiswa mempunyai gambaran nyata tentang proses maupun alat industri kimia yang digunakan dalam industry,” bebernya

Tidak hanya itu, lebih lanjut Nurul menjelaskan, Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang dapat mengaplikasikannya ke dalam tugas akhir mereka. Pada kesempatan ini juga Ketua jurusan memberikan apresiasi terhadap PT CAP yang sudah menerima kunjungan industri ini dengan baik, juga berharap akan ada kerjasama – kerjasama yang lainnya seperti kerja praktek dan penelitian bagi mahasiswa.

Baca juga :  Korem 052/Wijayakrama Melaksanakan Upacara Bendera 17 an Bulan Juli 2018 Bertempat di Lapangan Apel Makorem

Diketahui, Kunjungan ini diterima baik oleh pihak management PT CAP yang diwakili oleh Bapak Tommy Utama (Humas) dan Bapak Helminus Moesa (Technical Advisor). Helmi sangat menyambut baik kunjungan ini dan dapat berbagi ilmu kepada pihak akademisi dan mahasiswa.

“proses produksi terintegrasi (pengilangan nafta, produksi monomer olefin dan polimer) di PT CAP ini dengan jelas dan detail, karena sama – sama berasal dari background yang sama yaitu Teknik Kimia,” Kata Tommy menjelaskan

Setelah penjelasan proses produksi, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Lokasi 2 Polypropylene Plant yang dulu dikenal sebagai PT Tripolyta dan saat ini sudah diakuisisi oleh PT CAP.

“agar para peserta mematuhi peraturan yang ada demi keselamatan bersama. Mahasiswa melihat bagaimana bentuk dan dimensi dari tangki penyimpan dan alat – alat yang lain pada skala industry,” Katanya lagi

Diketahui bersama, bahwa di PT Chandra Asri Petrochemical Mahasiswa Teknik Kimia Khususnya dapat melihat aplikasi mata kuliah Teknologi Polimer, Alat Industri Kimia dan juga Perancangan Alat Proses secara langsung di pabrik dan juga menambah wawasan tentang industri petrokimia. (Mat)

Editor             : Rahmat Saleh

 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru