oleh

Gelar Pengabdian Masyarakat, Magister Manajemen UIJ Tingkatkan Kewirausahaan Santri Yang Handal

Jawabarat, kicaunews.com – Keterbatasan, sekali lagi tidak menghalangi naluri untuk senantiasa berbagi dan mengabdi kepada sesama. Seperti yang tengah dilakukan Mahasiswa Program Magister Manajeman Universitas Islam Jakarta (MM-UIJ) mengadakan pengabdian masyarakat di pondok pesantren Manba’ul Ulum Cirebon Jawa Barat dengan tema ‘peningkatan pemahaman santri dalam bidang kewirausahaan’ Sabtu (9/4). Dalam acara tersebut dihadiri 500 peserta baik dari kalangan Satri, Guru dan Mahasiswa dari Program Magister Manajeman Universitas Islam Jakarta (MM-UIJ)

Dr. Endang Saefuddin Mubarok, MM ketua Program Magister Manajeman Universitas Islam Jakarta (MM-UIJ) mengatakan, maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini diantaranya adalah Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam hal ini pengabdian masyarakat.

“Kenapa harus dipesantren, karena secara historis santri itu orang muslim yang taat ibadah dan punya peran dalam bisnis nasional. Banyak pengusaha muslim yang sukses tapi pengembangannya kalah bersaing dengan pengusaha lain bahkan temarjinalkan,” Kata Endang Kepada kicaunews.com.

Dijelaskannya, dimana Tahun 2002 muncul gerakan ekonomi syariah yang diawali dengan munculnya lembaga keuangan syariah. Menumbuhkan kembali etos kerja usaha antara lain pendidikan khususnya pesantren. Pesantren tetap bertahan dan konsisten dalam pemberdayaan umat.

Kenapa dipilih pesantren manba’ul ulum karena mempunyai santri 4500 lebih terdiri dari TK, SD/MI, Tsanawiyah, Aliyah, SMP, SMK terdiri dari ekonomi teknologi dan farmasi.

“Di era modern seperti sekarang sudah tidak banyak Ponpes yang berkeinginan untuk Memajukan Kewirausahaan bagi santrinya, tetapi Ponpes  Manba’ul Ulum Cirebon tetap konsisten,” Ungkap Endang

Masih katan Endang, zaman sekarang manusia sudah merasa malas dalam mengembangkan kewirausahaan, karena terganjal modal. Padahal salah satu fungsi kewirausahaan adalah tolak ukurnya kemandirian ekonomi.

“bangsa ini akan maju kalau masyarakat dan mahasiswanya kreatif dan inovatif, makanya Para Mahasiswa Pasca Sarjana Magister Manajemen UIJ harus bisa menjawab tantangan bangsa ini,” pungkasnya (Johan bp)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru