oleh

Pemerintah Tangsel Gelar Musrembang RKPD Tahun 2017

Tangsel, KicauNews.Com – Pemerintah Kota Tangerang Selatan ( Tangsel ) melangsungkan musyawarah rencana pembangunan ( Musrenbang) Rencana kerja Pemerintah Daerah ( RKPD ) tahun 2017. Acara ini diselenggarakan di gedung Graha Widya Bhakti Puspiptek, Setu Tangsel, Rabu ( 23/3/16 ).

Hadir dalam Musrenbang RKPD kali ini Walikota Tangsel Hj. Airin Rachmi Diany, S.H., M.H. kepala Bapedda Tangsel Teddy Meiyadi, SE, MM, Satuan kerja perangkat daerah ( SKPD ) Tangsel, anggota DPRD, Bapedda Provinsi Banten, mahasiswa dan elemen masyarakat.

Perencanaan pembagunan adalah wujud dari pendekatan perencanaan partisipatif, politik, teknokratik, bottom up dan top down. Mengacu pada Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004, undang-undang Nomor 23Tahun 2014 dan Surat KPK tentang Koordinasi dan Supervisi Perencanaan APBD, bahwa antara dokumen perencanaan ( RKPD) dengan dokumen penganggaran ( KUA, PPAS dan APBD ) harus sinkron dan terintegrasi. Seluruh program dan kegiatan dalam APBD harus sesuai dengan RKPD dan Renja SKPD.

Musrenbang tingkat Kota Tangerang Selatan merupakan salah satu tahapan dari seluruh rangkaian penyusunan rencana pembangunan daerah, antara wilayah kecamatan, antar sektor pembangunan dan antar wilayah sekitar, berdasarkan usulan program dan kegiatan dalam Musrenbang kelurahan dan kecamatan, yang dilanjutkan dengan Forum SKPD, Rakor Bidang, dan Forum Konsultasi Publik.

Hasil pelaksanaan RPJMD ( 2011 – 2016 ) sampai akhir tahun 2014 telah tercapai beberapa indikator makro yaitu Indeks Pembangunan Manusia ( IPM) yang targetnya sebesar 76,52 sedangkan pencapaiannya sebesar 79,17 ; Rata-rata Lama Sekolah targetnya sebesar 68,69 tahun sedangkan pencapaiannya sebesar 72,11 tahun; Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) kisaran targetnya sebesar 7,5% – 8,5% sedangkan pencapaiannya sebesar 8,99% atau melampaui target; PDRB per kapita kisaran targetnya sebesar Rp.13,49 – 13,73 Juta sedangkan pencapaiannya sebesar Rp.34,31 juta atau melampaui target; tingkat kemiskinan kisaran targetnya pada tahun 2014 sebesar 1,61%- 1,62% sedangkan pencapaiannya adalah 1,62 % atau berada dalam kisaran target; tingkat pengangguran kisaran targetnya sebesar 6,70 % – 7,82% sedangkan pencapaiannya sebesar 6,92% atau berada dalam kisaran target. Untuk pembangunan jalan kota dan lingkungan, pembagunan RSUD, Puskesmas dan kantor pemerintahan juga telah memenuhi target RPJMD. Hal yang belum tercapai adalah rasio murid SD dengan ruang kelas.

Baca juga :  Ketua RW Marna : Pentingnya ditanamkan kerukunan di lingkungan warga perumahan

Tema pembangunan Tahun 2017 yaitu ” Pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia untuk Peningkatan Daya Saing Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat”.

Berdasarkan permasalahan dan isu-isu strategis pembangunan maka ditetapkan prioritas pembangunan Tahun 2017 yang meliputi :
a. Peningkatan Kualitas dan Kompetensi SDM,
b. Pengembangan akses pelayanan Pendidikan, Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial.
c. Peningkatan penyediaan sarana dan prasarana perkotaan.
d. Peningkatan daya saing perekonomian daerah.
e. Pemantapan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan berbasis teknologi dan inovasi.

Musrenbang kelurahan, kecamatan, forum SKPD dan Musrenbang Kota telah menetapkan Sistem E- Musrenbang terhadap setiap usulan program dan kegiatan dari seluruh komponen masyarakat ( bottom up ). Sampai saat ini telah diterima usulan sebanyak lebih dari 7.500 kegiatan dengan total biaya lebih dari Rp.2.,9 Triliun. Semua usulan tersebut akan di survey, diverifikasi dan dipertajam kembali oleh seluruh SKPD untuk di sesuaikan dengan kemampuan APBD tahun 2017 yang di prediksi sebesar Rp.3,2 triliun dengan peruntukan sekitar 30% untuk belanja tidak langsung dan 70% untuk belanja langsung.

Terhadap usulan masyarakat yang belum bisa diakomodir dalam RKPD/APBD tahun 2017 , data program dan kegiatan tetap tersimpan didalam sistem E- Musrenbang dan akan di prioritaskan untuk diakomodir dalam perubahan APBD tahun 2017 atau APBD tahun berikutnya dan menjadi bahan penyusunan RPJMD kota Tangerang Selatan Tahun 2016-2021. ( Sutrisno )

Editor : Rahmat Saleh

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru