oleh

Diirektur Indef Enny Srihartati : Kebijakan Ekonomi Harus Dirasakan Masyarakat Informal

Jakarta, Kicaunews.com – Lebih banyak diganti menteri portofolio ekonomi. Dari sisi apapun terjadi stabilitas politik. Mulai terjadi stabilitas ekonomi. Walaupun belum tahu efektivitasnya. Semua indikator-indikator ekonomi membaik. Tapi kebutuhan ekonomi masyarakat belum terjadi. Lapangan kerja dan harga-harga belum membaik kata Direktur Indef Enny Srihartati dalam diskusi dengan topik ” Reshuffle (Jadi) Lagi?” di Gado-Gado Boplo Jl. Gereja Theresia Menteng Jakarta, sabtu (19/3).

Enny menjelaskan ini problem berat dan krusial. Kebijakan ekonomi apapun diluncurkan harus dirasakan masyarakat ekonomi informal yang jumlahnya 60 persen. Kerja hasilnya apa. Mendapat lapangan kerja bisa memenuhi kebutuhan dasar. Ekonomi berhenti di kelas menengah. Dana-dana perbankan masuk dari kelas atas. Pemerintah adalah team work.

Mulai dievaluasi kinerja menteri teknis yang belum tercapai. Masalah stabilitas harga pokok pangan. Masalah produksi, masalah distribusi. Persoalan stok pangan tergantung buffer stock dari sisi hilir atau di sisi tata niaga. Memecahkan dominasi penguasa pasar secara komprehensip.

Masing-masing Kementrian pegang payung hukum sendiri. Ujungnya adalah kepiawaian manajerial. Strong leadership. Yang tidak jelas pembisiknya siapa-siapa yang diakomodir. Apapun keputusan tidak ada sinyalemen tapi berdasarkan pertimbangan yang realistis. Tantangan yang dihadapi tidak mudah ujar Enny.

Kalau selalu kegaduhan menjadi kontraproduktif pemerintahan. Problem kabinet koordinasi betul ucap Enny. Justru momentum tepat sekarang ini. Sekarang ini ekonomi relatif tidak bergejolak. Pergantian berdasarkan kompetensi dan objektif. Mengganti dengan lebih baik. Pemerintah akan mengajukan APBNP yang mengeksekusi sebaiknya orang yang merencanakan tandasnya. (Sunarto)

Editor : Rahmat Saleh

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru