oleh

Ketebalan Aspal Kurang, Proyek Jalan Beji – Pojok Karanganyar Tahap II Dianggap Bermasalah

Karanganyar, kicaunews.com — Tahun anggaran 2015, Dinas PU Bina Marga kabupaten karanganyar melaksanakan beberapa paket pekerjaan peningkatan jalan, salah satunya  Proyek Peningkatan Jalan Beji – Pojok Tahap II letak Lokasi Pekerjaan Mojogedang Karanganyar dengan Nilai Pagu Paket Rp 2.565.000.000,00 serta Nilai HPS Paket Rp 2.539.680.000,00 dan lelang dimenangkan oleh PT. Yatnosons dengan Harga Penawaran Rp 2.534.476.000,00. yang dianggarkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2015.

Dalam temuan team ivestigasi dari Lembaga Pemantau Penyelenggara Negara Republik Indonesia (LPPNRI) Wilayah Solo Raya mengungkapkan dugaan penyimpangan dalam pembangunan proyek Proyek Peningkatan Jalan Beji – Pojok Tahap II sangatlah kentara. Bisa dilihat dari ketebalan aspal sangat tipis sekali.

Agus Haryanto dari LPPNRI Solo Raya Menjelaskan; “Ketebalan aspal tidak sesui dengan perintah kerja, yaitu ketebalan yang harusnya 4 cm dalam ivestigasi yang dilakukan team kami ketebalanya kurang dari ketentuan tersebut, apakah penanggungjawab pengawas proyek tidak mengetahui, atau pura-pura tidak tau?” tegas agus kepada awak media. Rabu (02/03/2016)

Sebagai pelaksana proyek PT.Yatnosons diduga kuat dengan sengaja melanggar ketentuan, karena tidak sesuai dengan spesifikasi dan mengakibatkan kerugian Negara karena ketebalan aspal proyek pembangunan tidak sesuai dengan ketentuan 4 cm.

“Sudah kami laporkan temuan tersebut ke Kejaksaan Negeri Karanganyar, Kami minta penegak hukum untuk segera menindaklanjuti laporan kami” Tegas Agus. (02/03)

LPPNRI mendesak Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Aparat Penegak Hukum, Kejaksaan Negeri Karanganyar, DPU Karanganyar dan Inspektorat Kabupaten Karanganyar untuk bersama-sama menindaklanjuti temuan penyimpangan yang mengakibatkan kerugian Negara dalam pembangunan Proyek Peningkatan Jalan Beji – Pojok Tahap II dengan pelaksana proyek PT.Yatnosons.

Kepala Bidang Bina Marga DPU Karanganyar, Darmanto saat dikonfirmasi mengatakan akan segera menindaklanjuti kalrifikasi terhadap LPPNRI dan akan berkoordinasi dengan DPU Karanganyar untuk melakukan pengecekan terhadap Proyek Peningkatan Jalan Beji – Pojok Tahap II secara langsung dilapangan.(Hanafi)

Baca juga :  Wakapolda Jabar Buka Sosialisasi Pemantauan Siber dan Analisis Media Bagian Pemanalis Biro Multimedia Divisi Humas Polri

Editor : Rahmat Saleh

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru