oleh

Gempa Berkekuatan 7,8 Skala Richter Guncang Mentawai, Ribuan Orang Mengungsi

Jakarta, Kicaunews.com – Gempa berkekuatan 7,8 Skala Richter (SR) mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Menurut rilis dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut terjadi pada Rabu (2/3/2016) pukul 19.49.41 WIB.

BMKG menyatakan bahwa gempa tersebut berpotensi tsunami. “Gempat berpotensi tsunami, info ini untuk diteruskan ke masyarakat,” tulis Kepala BNBP Sutopo Nugroho mengutip penjelasan BMKG.

Pusat gempa, dijelaskan BMKG berada di 682 Barat Daya Kepulauan Mentawai dengan kedalam 10 Kilometer. Lokasi gempa tersebut terletak di 5,16 Lintang Selatan dan 94,05 Bujur Timur.

Pantauan di lokasi, gempa yang berpotensi tsumani tersebut membuat warga sekitar panik. Sekitar 1000 orang mengungsi ke tempat tinggi di shelter tsunami di Parupuk Tabing, Padang, Sumatera Barat.

Sebagaimana dilansir dari The Guardian, Rabu (2/3/2016), Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) memberikan peringatan tsunami di beberapa wilayah Indonesia serta di Pulau Christmas dan Pulau Cocos.

Dilaporkan, karena Pulau Christmas dan Pulau Cocos masuk ke wilayah Australia, Badan Survei Geologi Australia juga mengeluarkan peringatan waspada terhadap tsunami yang dapat terjadi di wilayah pantai barat negara tersebut.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat itu mengatakan pusat gempa tersebut berjarak 808 kilometer dari Padang, dan memiliki kedalaman 10 kilometer. Pada awalnya gempa ini dilaporkan memiliki kekuatan 8,2 SR namun laporan tersebut direvisi menjadi 7,8 SR.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru