oleh

Teknik Kimia Fakultas Teknik UMJ, Ukir Prestasi untuk mencetak SDM Insinyur Indonesia

Jakarta, kicaunews.com — Maraknya universitas swasta di Indonesia membuat pendidikan di negeri ini pun sangat penting. Terutama menyangkut dengan moral bangsa. Kemajuan  suatu universitas pun dilihat dari prestasi yang diraihnya. Fakultas Teknik UMJ dimana salah satunya Teknik Kimia turut berperan dalam pencetakan SDM Insinyur yang Unggul, Kompeten dan Islami demikianlah yang dituturkan Nurul D. Fithriyah, S.T., M.Sc., Ph.D Ketua Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, UMJ  di ruang kerjanya.

Muhammadiyah menjadi salah satu kampus dengan Segudang Prestasi akademik dan non akademik. Baik yang telah diraih oleh kampus baik dosen maupun mahasiswa. Kampus yang ramah lingkungan membuat kampus ini mendapatkan berbagai penghargaan dari pemerintah bahkan sampai tingkat internasional. Salah satunya yang dosen Fakultas Teknik Jurusan Teknik Kimia Dr. Tri Yuni Hendrawati menjadi Internasional Reviewer pada The 22nd Regional Symposium on Chemical Engineering RSCE 2015, Bangkok, Thailand dan Nurul D. Fithriyah, S.T., M.Sc., Ph.D telah mempublikasikan hasil penelitian Hibah Fundamental DIKTI di ajang Internasional tersebut.

“Untuk pendanaan 2016 tercatat 13 Dosen diantaranya Dr. Ismiyati  memenangkan Hibah Penelitian dari Kemenristek DIKTI yaitu Hibah Unggulan PT, Hibah Fundamental, Hibah Bersaing dan Hibah Dosen Pemula. Dengan demikian Budaya meneliti telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari para dosen. Untuk mahasiswa juga telah meraih Juara PKM dibawah bimbingan Dr. Ratri A.N dan Ir. Irfan Purnawan, ST, M.Chem.Eng. HaKI sebanyak 10 telah diraih oleh para dosen semakin melengkapkan prestasinya. Kerjasama penelitian dan Kerja Praktek telah dilakukan dalam peningkatan kompetensi mahasiswa diantaranya dengan BPPT, PT. KIA, PT. Chandra Asri dll,” bebernya.

Sementara itu, teknologi yang sudah didesiminisasikan yaitu sabun transparan, aneka pangan dari ampas tahu dan berhasil menciptakan produk makanan seperti nata de soya, nugget, selai dan kerupuk dari ampas tahu dalam penerapan TTG dan TEKNOLOGI BERSIH IKM Industri Tahu serta penumbuhkembangan calon WIRAUSAHA BARU. Yang jelas bahwa Teknik Kimia telah menghasilkan sekitar 1000 alumni Sarjana Teknik Kimia yang telah mengabdi pada Instansi pemerintah seperti BPPT, LIPI, Kementerian, Berbagai Industri dan Wiraswasta.

Baca juga :  APTI : Sukses Gelar Acara Grand Launcing & Musyawarah Nasional

“Capaian ini tentu saja tidak terlepas dari dedikasi dan komitmen seluruh Dosen Teknik Kimia dan dukungan Fakultas Teknik dalam satu Payung UMJ sebagai Perguruan Tinggi yang Unggul, Kompeten dan Islami. Program Magister / S2 Teknik Kimia sedang dalam proses untuk dapat menggenapkan pengabdian UMJ dalam peningkatan SDM Keteknikan di Indonesia.  Maju terus Teknik Kimia UMJ sebagai pencetak Insinyur Indonesia,” pungkasnya.(Jef)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru