oleh

Peringati Peristiwa Lengkong ke 70 dengan Ziarah dan Tabur Bunga

Tangsel, Kicaunews.com — Memperingati peristiwa pertempuran Lengkong ke-70, Danrem 052/Wkr Tangerang Kolonel M. Zamroni dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Teddy Laksamana menghadiri upacara ziarah dan tabur bunga di Monumen Lengkong, Serpong, Kota Tangsel. Minggu (28/2/2016).

Selain itu juga dihadiri Walikota Tangsel yang diwakilkan kepada Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, jajaran Muspida Tangsel, Anggota DPR, Anggota DPRD Tangsel, Gubernur Akmil, Asisten Kasdam Jaya, para Komandan Satuan Dam Jaya, Yonif Mekanis 203/AK, Yonkav 9//BU, Denrudal 003, Kodim 0506/Tgr, Kapolres Tangsel, para Kapolsek dan para sesepuh pelaku sejarah pertempuran Lengkong.

“Kami hadir di sini untuk mengenang dan meneladani perjuangan para Taruna dalam peristiwa heroik yang terjadi tanggal 25 Januari 1946 di desa Lengkong Wetan, ” ujar Danrem Zamroni kepada wartawan.

Dirinya juga bercerita, pengorbanan tanpa pamrih para Taruna ini dibawah pimpinan Mayor Daan Mogot dalam melaksanakan tugas pelucutan senjata tentara Jepang yang berada di desa Lengkong.

Tugas tersebut merupakan tindak lanjut kesepakatan pemerintah dan sekutu sebagai pemenang setelah Jepang menyerah dengan di bom atomnya kota Nagasaki dan Hiroshima.

“Tentara Jepang yang berada di desa Lengkong Wetan dipimpin Kapten Abe tidak kooperatif sehingga terjadilah pertempuran yang tidak seimbang antara para Taruna dengan tentara Jepang yang bersenjatakan lengkap. Oleh karena itu, gugurlah para Taruna termasuk Mayor Daan Mogot sehingga peristiwa ini diperingati setiap tahunnya,” jelasnya.

Menurutnya, peringatan ini harus tetap dilaksanakan setiap tahun karena merupakan sejarah yang perlu dilestarikan. Selain itu, sebagai salah satu contoh bagi generasi penerus dalam menemukan jati dirinya.

“Semoga peringatan ini tidak pernah berhenti dan kedepan menjadi bagian Pemkot Tangsel dan TNI,” harapnya.

Baca juga :  Kapolres Sinjai Hadiri Rakor Evaluasi Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sinjai

Sementara itu Ibu Rani selaku Ketua Yayasan 25 Januari 1946 dalam sambutannya menyampaikan sudah saatnya Yayasan 25 Januari menyerahkan pelaksanaan peringatan peristiwa Pertempuran Lengkong ini kepada TNI dan Muspida setiap tahunnya, sehingga generasi muda kedepan mengetahui sejarah dan tradisi seperti ini tidak hilang,” katanya

Setelah pelaksanaan Upacara Ziarah dan tabur bunga di TMP Taruna dilanjutkan Upacara dan peletakan Karangan Bunga di Monumen Daan Mogot Periswa Pertempuran Lengkong Jl. Raya BSD Kelurahan Lengkong Karya, Kota Tangsel. (Sutrisno)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru