oleh

Puluhan Warga Bogor Melakukan penghijauan

Bogor, Kicaunews.com – Puluhan warga perumahan Griya Indah Bogor (GIB), Kedung Badak, Sanah Sareal, Kota Bogor, Sabtu (27/2) pagi, menanam pohon untuk menghijaukan lingkungan mereka.

“Kami sadar, saat ini lahan atau ruang terbuka hijau semakin kurang, karena sudah berubah fungsi. Bogor juga semakin panas. Karena kami, warga RT 4 RW 14 Kelurahan Kedung Badak perumahan GIB mempunyai lahan kosong, maka kami menanaminya dengan pohon buah,” kata penggagas penanaman pohon, MS Shiddiq.

Menurutnya, lingkungan perumahannya dulu ditanami pohon palem dan cukup rindang. Namun, puluhan pohon palem itu kemudian mengering dan mati sehingga gersang. “Sebagai gantinya, kita akan hijaukan lingkungan dengan menanam pohon yang produktif, pohon buah, seperti mangga, manggis, rambutan, atau durian. Selain di taman ini, ke depan setiap lahan kosong akan kita hijaukan,” katanya.

Menurutnya, ruang publik atau privat milik warga harus ditanami. “Lahan sekecil apa pun harus ditanami, jangan dibiarkan kosong. Kami ingin lingkungan menjadi hijau dan sejuk,” sambungnya.

Di Bogor, saat ini memang tengah gencar melakukan penghijauan. Bahkan, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mempunyai program yang ingin menjadikan Bogor sebagai kota sejuta taman yang sejuk dan nyaman.

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor sebelumnya mengajak seluruh elemen masyarakat menjadikan Kota Bogor sebagai Kota Sejuta Taman. Langkah awal yang dilakukan DKP adalah melakukan penanaman 2.000 bibit pohon kenari dan 1.000 bibit pohon tanjung. Ke-3.000 bibit pohon tersebut akan ditanam di sepanjang pintu tol Jagorawi. Dengan penanaman 3.000 pohon, diharapkan ke depan akan terbentuk lorong hijau yang apik saat masyarakat memasuki atau meninggalkan Kota Bogor.

Penanaman bibit pohon juga akan dilakukan di sekitar Kebun Raya Bogor, Jalan Pajajaran, Jalan Juanda, dan Jalan Pemuda. Keempat titik tersebut merupakan etalase Kota Bogor.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru