oleh

meski mengantongi KJS, Salah satu keluarga pasien harus membayar jutaan rupiah

Jombang, Kicaunews.com – Biaya gratis pasien demam berdarah dengue di Kabupaten Jombang, Jawa Timur tak terbukti. Salah satu keluarga pasien harus membayar jutaan rupiah selama lima hari dirawat, meski mengantongi Kartu Jombang Sehat (KJS).

Kondisi ini setidaknya dialami pasangan Fauzi dan Sutiah warga Dusun Glugu, Desa Katemas, Kecamatan Kudu. Dia terpaksa membayar biaya perawatan di RSUD Jombang Rp6, 4 Juta untuk putrinya, Rafrida Safa Aulia, 6, yang menderita DBD.

“Total biaya tersebut adalah untuk perawatan lima hari selama di rumah sakit,” ujar Fauzi, Rabu (24/2/2016).

Fauzi merinci, biaya perwatan Rp5.950.000, uji laboratorium sebesar Rp260 ribu, foto sebesar Rp65 ribu dan obat sebesar Rp212 ribu.

“Itu belum obat yang ditebus saat dirawat, sekitar Rp1 juta lebih. Saya hanya mendapatkan potongan Rp90 ribu. Padahal saya sudah menunjukkan KJS, namun tidak berguna,” imbuhnya.

Dia sangat menyayangkan hal tersebut. Karena sebelumnya bupati sudah berkali-kali menyampaikan pasien DBD yang dirawat di RSUD Jombang, biaya ditanggung pemerintah. Syaratnya, membawa KJS atau hanya surat keterangan dari desa.

Di lain tempat, Direktur RSUD Jombang, dr Pudji Umbaran mengatakan, pihaknya baru mengetahui persoalan tersebut dan akan segera menyelesaikannya.

“Laporan itu baru masuk tadi pagi, kita akan segera klarifikasikan. Jika memang pasien memiliki KJS maka seluruh pembiayaan akan digratiskan, sesuai arahan Pemkab Jombang,” ujarnya saat dihubungi

Pudji menambahkan, pihaknya berharap agar keluarga pasien segera mendatangi RSUD Kabupaten Jombang untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru