Lima Rumah Rusak Parah Usai Diterjang Angin Puting Beliung

0
Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung
Bagikan :

Cirebon, Kicaunews.com  –  Lima rumah warga di RT 02/03 Blok Serang, Desa Wiyong, Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon rusak parah usai diterjang angin puting beliung. Kelima rumah tersebut masing-masing milik Kasinten (65), Kariman (57), Sukarta (52), Sutira (41) dan H. Suryadi (53).

Dari kelima rumah tersebut, rumah milik Kasinten mengalami kerusakan paling parah karena hampir saja roboh. Beruntung penghuni rumah sudah mengantisipasi hal itu dengan mengungsi ke rumah tetangga sebelum kejadian sehingga insiden itu tidak memakan korban jiwa.

Pantauan fajarnews.com, rumah milik Kasinten memang kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Bangunannya rapuh sehingga mudah roboh jika diterpa angin. Ketua RT 02/03 Blok Serang, Desa Wiyong, Darta mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Hari Minggu (21/2) lalu sekitar pukul 14.00 WIB.

Saat kejadian, dia bersama warga tengah membersihkan sampah di jembatan yang menjadi penghubung antara Desa Wiyong dan Desa Kedongdong Kecamatan Susukan. Namun tiba-tiba angin kencang langsung menyapu atap rumah warga dan meruntuhkan sebagian bangunan.

“Saat itu hujan deras disertai angin kencang. Kami tengah membersihkan sampah yang tidak jauh dari rumah tersebut. Angin langsung merusak atap rumah hingga roboh,“ katanya saat meninjau rumah milik Kasinten yang mengalami kerusakan terparah, Selasa (23/2).

Menurut Darta, rumah Kasinten memang sebelumnya sangat memprihatinkan. Bahkan pihaknya sudah beberapa kali mengajukan agar rumah tersebut dapat bantuan program rumah tidak layak huni (rutilahu).

“Bahkan sudah difoto-foto oleh perangkat desa untuk diajukan melalui program rutilahu, tapi sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya. Akhirnya sekarang roboh,” katanya.

Kuwu Desa Wiyong, H. Maryono membenarkan bahwa lima rumah di desanya rusak diterjang puting beliung. Menurutnya, setelah insiden tersebut ia beserta warga dan Camat Susukan langsung melakukan tinjauan, dan mendata rumah yang terkena angin besar itu.

Ia pun sudah mengajukan permohonan bantuan kepada dinas sosial untuk memberikan bantuan kepada lima rumah tersebut.

“Memang betul ada lima rumah warga kami yang diterjang angin, dan kami pun sudah berkordinasi dengan dinas terkait untuk memberikan bantuan kepada kelima rumah tersebut,” katanya.

Bagikan :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*