Gerakan Nasional Pemuliaan Lingkungan Hidup Berbasis Masjid

0
K.H. M. Arifin Ilham
Bagikan :
Jakarta, Kicaunews.com – Majelis Ulama Indonesia, Dewan Masjid Indonesia dan Siaga Bumi telah memprakarsai program ecoMasjid.
Empat program utama ecoMasjid adalah penghijauan, konservasi air, sanitasi dan pengolahan sampah. Semiloka dan peluncuran ecoMasjid di Masjid dan Pondok Pesantren Azzikra Sentul Bogor oleh pembina Masjid dan Pondok Pesantren Azzikra Sentul Bogor K.H. M. Arifin Ilham, Jum’at (19/2).

Hal ini dimaksudkan agar masjid selalu menghimbau kepada umat agar senantiasa menjaga kelestarian hutan dan lingkungan sekitar melalui dakwah, baik lisan, tulisan maupun tindakan yang nyata.

Direktur Konservasi Tanah dan Air Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengatakan “Nota Kesepakatan oleh Menteri LHK & 9 Tokoh Lintas Agama untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup ditanda tangani 26 Nopember 2015. Salah satu aksi yang dilakukan adalah Eco-Rumah Ibadah.

Peluncuran ecoMasjid tindak lanjutnya berupa penanaman pohon serta pembagian _+ 4.000 bibit yang diberikan kepada 36 perwakilan masjid se-Jabotabek. Luasan penghijauan ini akan semakin besar bila seluruh rumah ibadah melakukan penanaman pohon. RPJMN Kementrian LHK periode 2015-2019 ditargetkan seluas 5,5 juta ha.

Direktur Penyehatan Lingkungan Kementrian Kesehatan Imran Agus Nurali mengatakan agenda kelima nawa cita yakni program Indonesia Sehat. Arahan kebijakan Kementrian Kesehatan tahun 2015-2019 adalah mengutamakan upaya promtif dan preventif. Salah satu kegiatan yang cukup efektif melalui implementasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Merubah perilaku higienis dan saniter masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat ujarnya.

Sekretaris Jenderal Dewan Masjid Indonesia Imam Addaruquthni mengatakan sejarah mencatat peran masjid fungsional sebagai driving force bagi kebijakan lingkungan dalam arti seluas-luasnya seperti solidaritas sosial dan juga solidaritas kelompok (komunal) penyemai nilai-nilai dan etos transformatif.

Ketua Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam MUI Hayu Prabowo mengatakan “Masjid memerlukan kesinambungan sumber daya air yang suci dan menyucikan sebagai salah satu syarat sahnya ibadah, serta sanitasi dan kesehatan lingkungan yang baik guna menjaga kesucian dan kesehatan masjid. Oleh karenanya masjid perlu berperan aktif untuk meningkatkan kesadaran umat muslim sebagai potensi terbesar bangsa dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup guna kelangsungan kehidupan seluruh dunia tutupnya.(Sunarto).

Editor : Rahmat Saleh
Bagikan :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*