Ribuan Personel Berjasa Hilangkan Genangan Air Akibat Diguyur Hujan

0
15 Ribu Personel
Bagikan :

Jakarta, Kicaunews.com – Pada musim penghujan kali ini, nampak ada yang berbeda dengan Kota Jakarta, dimana biasanya saat musim hujan tiba genangan air di Jakarta ada dimana-mana. Namun pada musim hujan kali ini hal tersebut sudah jarang ditemukan di Jakarta dan bahkan berkurang secara signifikan.

Tentu saja dengan semakin menghilangnya genangan air di Jakarta ketika musim hujan akan memberikan dampak yang bagus.

Tentunya itu semua berkat adanya 15 ribu pasukan oranye, Satgas Kebersihan dan Genangan yang dibentuk oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Berkat peran penting dari pasukan oranye ini genangan air di Jakarta semakin berkurang, bahkan bukan tidak mungkin jika genangan air yang biasanya ada dimana-mana bisa sirna dengan adanya pasukan oranye ini.

Perlu diketahui jika pasukan oeranye ini bertugas untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di selokan air serta juga lumpur-lumpur yang menghambat saluran air di Jakarta.

Alhasil, berkat kerja keras pasukan oranye membersihkan saluran air yang mampet bisa terlihat ketika musim hujan tiba, taka da genangan air yang permanen.

Di tengah hujan besar, nyaris tak terdengar kabar jalanan di Jakarta tertutup akibat banjir. Sungguh beda dengan Jakarta beberapa tahun silam yang selalu diserang banjir bahkan hingga jalanan protokol.

Seperti yang dikutip dari detik.com, Kepala Dinas Kebersihan Pemprov DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan bahwa pasukan oranye atau Petugas Pemelihara Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) dibentuk sejak 15 Agustus 2015 lalu.

“Petugas oranye atau PPSU ini sudah kita bentuk sejak tahun 2015, mereka ini sifatnya pegawai kontrak tahunan. Total saat ini Pemprov DKI punya 15 ribu PPSU,” ujar Aji, Rabu (17/2/2016).

Aji menjelaskan bahawa dari 15 ribu jumlah poasukan oranye ini akan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil disetiap kelurahan. Tiap kelurahan akan mendapatkan jatah 40 sampai 70 personel pasukan oranye yang akan membersihkan saluran air.

Penempatan jumlah personel berdasarkan luas wilayah kelurahan, semakin luas semakin banyak pasukan oranye yang ditempatkan. “Mereka ini di bawah kendali kelurahan, jadi nanti lurah yang akomodir mereka,” kata Aji.

Namun demikian sebenarnya petugas PPSU ini tidak hanya mengatasi masalah kebersihan air dan genangan air di Jakarta saja, melainkan juga serba bisa.

“Mereka enggak cuma urus kebersihan saja, mereka itu harus bisa semuanya. Kalau ada lampu jalan rusak mereka juga harus bisa perbaiki,” jelasnya.

Bagikan :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*