Pesawat Garuda Dan Lion Berjarak Sangat Dekat Sehingga Nyaris Tabrakan

0
Bagikan :

Jakarta, Kicaunews.com – Pesawat Garuda dan Lion berjarak sangat dekat sehingga ‘nyaris tabrakan’ di langit Bali, Rabu (10/2/2016). Kedua pesawat itu hanya sebagian kecil dari lebih dari 10  pesawat berputar-putar, holding sebelum mendarat di Bandara Ngurah Rai Denpasar, beberapa memutuskan kembali ke bandara asal.

Pakar penerbangan Gerry Soejatman melihat ada sesuatu yang mengkhawatirkan pada saat itu. Gerry bahkan menulis sebuah tulisan berjudul ‘ALERT: Cuaca buruk di bandara Ngurah Rai’ yang diposting di websitenya, www.gerryairways.com, pada Rabu (10/2/2016) kemarin.

“Kemarin itu karena cuacanya sangat buruk, kebetulan pas banyak yang mau datang. Jadi mau tidak mau harus holding di posisi yang ditentukan,” kata Gerry yang juga memposting foto-foto radar pada saat banyaknya pesawat di-hold karena buruknya cuaca yang mengganggu pendaratan sejumlah pesawat.

Dalam data radar yang diposting Gerry, tak hanya pesawat Garuda Indonesia GA 340 dan Lion Air JT 960 yang holding di sekitar Bali, namun ada lebih dari 10 pesawat lainnya.  Berikut data penerbangan yang terpengaruh keterlambatan pendaratan karena buruknya cuaca:

Soal kondisi GA 340 dan Lion Air JT 960 yang membuat penumpang khawatir terjadi tabrakan, Gerry menuturkan jarak keduanya memang sempat cukup dekat. Namun menurutnya masih dalam jarak aman.

“Airnav kan melihat ada 700 kaki, standarnya kan 1.000 kaki. Mungkin pada saat itu ATC minta Lion turun tapi kemudian ada beberapa saat nah pada saat Garuda diminta turun pilot langsung turun. Apakah posisinya berbahaya atau tidak? Nggak. Mengkhawatirkan iya, tapi apakah bahaya, tidak. Karena kita lihat satu menit kemudian sudah lebih dari 1.000 kaki lagi jaraknya,” katanya.

Sementara itu, PT Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara Ngurah Rai menyatakan, cuaca buruk terjadi di bandara kemarin. Hal ini menyebabkan penerbangan 10-an pesawat terganggu. Jarak pandang kurang lebih 200 meter.

Bagikan :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*