Pria Pengedar Uang Palsu Akhirnya Diamankan di Polresta Depok

0
Bagikan :

Depok, Kicaunews.com – Yunawi (34) warga Ciledug, Tangerang Selatan, hanya dapat menyesali perbuatannya di Polresta Depok. Kedoknya membuka pengobatan alternatif terbongkar. Pria ini ternyata menjadi pengedar uang palsu (Upal) pecahan Rp100.000 di dua wilayah Tanggerang Selatan dan Depok. Rp 280 juta uang palsu disita dari tersangka.

Kapolresta Depok, Komisaris Besar Dwiyono mengatakan, penangkapan terhadap tersangka setelah jajarannya menangkap dua kaki tangannya yaitu Hendra (52) dan Sariyo (53) di Jalan Raya Sawangan. Keduanya ditangkap pada Jumat (13/02) lalu, setelah salah satu pegawai SPBU dan beberapa pedagang yang mempersoalkan keaslian uang yang dibayarkan dari hasil pembelian bahan bakar minyak (BBM) kendaraan mereka. Dan saat itu pula keduanya diamankan dan dimintai keterangan.

“Dari pengembangan ini kami berhasil menangkap Yunawi. Memang komplotan ini sudah lama kami cari sebab peredaran upal sangat besar sekali dilakukan di Depok dan Tangsel,” paparnya, Selasa (16/2).

Dari tangan Yunawi, sambung Dwiyono, pihaknya menyita uang palsu pecahan Rp100 ribu sebesar Rp280 juta. Dimana, 28 ikat uang itu berjumlah 100 lembar yang ditaruh di dalam lemari. Dua lapotop dan dua printer, serta beberapa rim kertas untuk mencetak uang.

“Sepintas memang sangat mirip sekali, tetapi jika di cek dengan alat terbukti palsu. Memang mau diedarkan di Depok,” jelasnya.

Para pelaku mencetak uang palsu itu dengan cara mengkopi uang dan mendesainnya dengan beberapa program di komputer. Kemudian kertas yang digunakan untuk meniru uang asli itu pun dibeli dari beberapa percetakan.

“Pelaku sehari-hari berprofesi sebagai guru pengobatan alternatif di rumahnya di Ciledug Tangerang Selatan. Pakai komputer semua dicetak dan dipotong rapih,” ungkapnya.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya ketiga tersangka dijerat Pasal 245 KUHP tentang pengedaran uang palsu dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Bagikan :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*