Korsel, Jepang dan AS Saling Berbagi Data untuk Lawan Nuklir Korut

0
Bagikan :

Jakarta, Kicaunews.com – Militer dari Amerika Serikat (AS), Korea Selatan (Korsel) dan Jepang sepakat untuk bertukar data dan informasi untuk melawan ancaman nuklir dan rudal Korea Utara (Korut).

Kepala militer ketiga negara membuat kesepakatan pada hari Rabu waktu AS di Pearl Harbor, Hawaii dalam teleconference video. Mereka membahas uji coba senjata nuklir jenis bom hidrogen Korut pada 6 Januari 2016 dan uji coba rudal jarak jauh melalui peluncuran satelit.

”Peluncuran rudal jarak jauh merupakan pelanggaran langsung terhadap resolusi PBB dan provokasi serius terhadap masyarakat internasional,” bunyi pernyataan bersama tiga kepala militer itu, seperti dikutip Reuters, Kamis (11/2/2016).

Mereka menyatakan, untuk menangapi tindakan Pyongyang secara tegas perlu kesepakatan trilateral untuk berbagi informasi. ”Dan untuk mengkoordinasikan lebih lanjut tentang isu-isu keamanan bersama guna meningkatkan perdamaian dan stabilitas di kawasan,” lanjut pernyataan tersebut.

Ketiga kepala militer yang melakukan pertemuan itu adalah Kepala Staf Gabungan Militer AS; Jenderal Joseph Dunford, Kepala Pasukan Bela Diri Jepang; Admiral Katsutoshi Kawano, dan Kepala Staf Gabungan Militer Korsel, Jenderal Lee Sun-Jin.

Juru bicara militer AS, Kapten Greg Hicks, teleconference video itu merupakan diskusi kedua dari ketiga negara sejak Juli 2014.

AS dan Korsel sebelumnya telah mengadakan pembicaraan terkait rencana penumpukan sistem rudal pertahanan Terminal High Altitude Area Defense atau THAAD di Semenanjung Korea. Kedua negara itu kompak ingin rencana tersebut terealisasi secepatnya.

Namun, China gusar dengan rencana penumpukan sistem rudal THAAD, karena bisa membahayakan kepentingan keamanan negara lain di Asia, termasuk China.

Sumber : http://international.sindonews.com/read/1084412/42/as-korsel-dan-jepang-berbagi-data-untuk-lawan-nuklir-korut-1455163646

Bagikan :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*