Penyebab Aksi Demo dan Aksi Mogok Salah Satunya Aldalah Kurangnya Komunikasi

0
Sahat Sinurat
Bagikan :

Jakarta, Kicaunews.com – Penyebab buruh seringkali melakukan demonstrasi dan aksi mogok kerja salah satunya adalah kurangnya komunikasi antara perusahaan dan buruh. Pemerintah menolak perusahaan memangkas karyawan sebab memiliki jalan lain menjaga kelangsungan bisnisnya ujar Direktur Pencegahan dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Kementrian Tenaga kerja dalam diskusi yang diadakan Populi Center dan Smart FM Network dalam persfektif Indonesia dengan tema ” PHK dan Perekonomian Kita di Kawasan Menteng Jakarta, sabtu (6/2).

Aksi demo dan mogok kerja yang dilakukan seringkali mengeluhkan masalah hak-hak yang belum dipenuhi perusahaan. Padahal seharusnya hal tersebut dapat diselesaikan secara bipartit oleh kedua belah pihak. Perusahaan maupun buruh bisa selesai dengan baik tanpa ada aksi-aksi kata Sahat.

Sahat menambahkan PHK perusahaan-perusahaan Panasonic, Thosiba, Chevron masih rencana semua. Kami minta Perusahaan melakukan efisiensi, kurangi upah manajer, pangkas shift kerja, batasi kerja lembur, merumahkan pekerja dan tidak memperpanjang kontrak kerja. Upaya tersebut jika masih belum bisa menahan perusahaan memangkas tenaga kerja maka perlu dilakukan perundingan bipartit antara perusahaan dan pekerja untuk mencapai kesepakatan paparnya.

Penulis : Sunarto

Editor   : Rahmat Saleh

Bagikan :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*