Makna Cinta ? Begini Menurut Mahasiswi Farmasi ISTA

0
Ilustrasi Cinta
Bagikan :

Oleh : Rosadah Febriyani (Mahasiswi Farmasi Institut Sains & Teknologi Al-Kamal Jakarta)

Apa itu cinta ?
dari segi apa orang-orang menilai tentang cinta .
ataukah mungkin disaat denyut jantung berdetak lebih kencang dari biasanya, saat bertemu ia apakah itu cinta ?
mungkin juga dengan  ada dirinya di sisi kita, lalu membuat kita bahagia apa itu yang dinamakan cinta ?
dan mungkin dengan tak berjumpa dengan dirinya, lalu kita merasakan rindu yang begitu dalam apakah itu yang dinamakan cinta ?

Lalu cinta itu apa ?
apa arti cinta yang sebenarnya ?
dari sini pemikiran aku terbuka, untuk mencari apa itu cinta dan apa sebenarnya arti cinta ?
ada kisah-kisah cinta yang membuat aku terpaku, dan mengerti apa itu cinta.

cintanya Siti Khadijah terhadap Rasulullah SAW .

Cinta yang begitu tulus dirinya mencintai Rasulullah SAW. Siti Khadijah adalah seorng wanita yang cantik paras dan hatinya , bangsawan, dan hartawan bahkan kaum quraisy pun segan terhadapnya.
“Tadi malam aku bermimpi sangat menakjubkan. Aku melihat matahari berputar-putar di atas kota mekah, lalu turun ke arah bumi. Ia semakin mendekat dan semakin mendekat. Aku terus memperhatikanya untuk melihat kemana ia turun . ternyata ia turun dan memasuki rumahku . cahayanya yang sangat agung itu membuatku tertegun. Lalu aku terbangun dari tidurku”.
kemudian waraqah mengatakan “aku sampaikan berita gembira kepadamu, bahwa seorang lelaki yang agung dan mulia akan datang meminangmu . ia memiliki kedudukan penting dan kemasyuhran yang semakin hari semakin meningkat” .

siti khadijah lebih memilih Rasulullah untuk bersanding denganya , ketika banyak lelaki hartawan yang ingin sekali meminangnya .
rasulullah hanyalah seorang yang tidak berharta, tetapi berahlak mulia, amanah, dan punya kehormatan diri yang tinggi.Tak lama kemudian atas petunjuk yang Allah berikan, merekapun menjadi sepasang suami istri .

“ ternyata cinta itu bukan harta, dan ternyata hartapun tak akan mampu  bersanding dengan cinta . namun harta adalah sebuah kebutuhan materil untuk kita melangsungkan kehidupan”.

Cintanya Ali bin abi thalib kepada siti Fatimah Az-Zahra
cinta yang penuh kesabaran dan keikhlasan, dalam perjuangan cintanya kepada putri Rasuluallah itu .
namun  ketika itu di ujilah cintanya, ketika Abu bakar lebih utama melamar siti fatimah, mungkin justru karena ia bukan kerabat dekat nabi seperti ali, namun keimanan dan pembelaanya pada Allah dan Rasul-Nya tak tertandingi. Dari sisi finansial, abu bakar sang saudagar, insya Allah lebih bisa membahagiakan fatimah.
ali hanyalah pemuda miskin dari keluarga miskin. “aku mengutamakan abu bakar atas diriku, aku mengutamakan kebahagiaan fatimah atas cintaku”. Beberapa waktu berlalu ternyata Allah menumbukan kembali tunas harap dihatinya yang sempat layu, dan ternyata lamaran abu bakar itu di tolak. Dan ali terus menjaga semangatnya untuk mempersiapkan diri.

Namun rupanya ujian itu belum berakhir, setelah abu bakar mundur, seorang laki-laki yang gagah dan perkasa seorang yang sajak masuk islamnya membuat kaum muslimin berani tegak mengangkat muka , seorang laki-laki yang membuat syetan berlari takut dan musuh-musuh Allah bertekuk lutut. Ia adalah umar ibn al-khathtab. Ya, al faruq, sang pemisah kebenaran dan kebathilan  itu juga datang melamar  fatimah. Betapa tinggi kedudukannya di sisi Rasul, di sisi ayah fatimah. Ali, sekali lagi sadar. Dinilai dari semua segi dalam pandangan orang banyak, dia pemuda yang belum siap menikah, apalagi menikahi fatimah binti rasulillah!. “umar jauh lebih layak “ . namun terdengar kabar bahwa lamaran umar pun ditolak .
lalu tumbuh kembalilah tunas harap dihatinya yang sempat layu itu, dan tak lama kemudian dengan penuh rasa sabar dan ikhlas ali pun melamar putri rasulullah itu, tak diduga lamaran itu diterima dan bersatupun cinta mereka dalam sebuah pernikahan ,

“ternyata cinta dapat membangun sebuah motivasi diri , ternyata cinta itu sabar dan ternyata cinta itu ikhlas walaupun ujian hati begitu besar untuk dihadapi, percayalah  dengan penuh usaha  serta semangat “

Cintanya Putri zulaikha kepada nabi yusuf
cinta yang begitu besar cinta yang begitu tak dapat putri zulaikha untuk menahan dirinya, putri zulikha begitu tertagun terhadap ketampanan nabi yusuf dan begitu mendalam cinta itu dihatinya dan suatu ketika syetan pun merasuki dirinya sampai ia tak mengingat lagi harga dirinya sebagai seorang istri dari al-aziz .
beribu cara zulaikha lakukan untuk menggoda nabi yusuf, Dan ketika itu putri zulaikha pun menjebak nasi yusuf untuk menundukanya.  “tuhanku penjara lebih kusukai ,dari pada memenuhi ajakan mereka kepada ku dan jika tidak allah hindarkan aku dari tipu daya mereka, tentulah aku termaksud orang-orang yang jahiliyah allah meneguhkan hamba-hambanya yang mukmin serta berlindung berpegangan dengan kebenaran yang diperintahkan olehnya” , maka tuhan memperkenankan doa nabi yusuf . lalu ratu zulaikha menyesal atas perbuatanya. Ia selalu berfikir dalam kegelisahanya apakah aku bersalah,  dalam urusan itu ?.
hari demi hari bulan demi bulan dan tahun demi tahun berjalan dengan kesunyian, ia terlarut dalam kesedihan dan kesunyian , sampai-sampai ia menjadi wanita tua ,miskin lemah dan tak berdaya karena menangisi kerinduanya terhadap nabi yusuf . cahaya hidayah datang kepadanya dan ia pun bertaubat kepada tuhanya , tak lama kemudian allah mempertemukan kembali dirinya kepada nabi yusuf kerinduan yang ia nanti-nantikan pun terkabulkan dan mereka berdua akhirnya menikah .

“ ternyata cinta itu harus memawas diri karena rindu yang begitu besar mampu menerobos akal sehat dan dimensi waktu yang belum pernah kita tau untuk kita jelajahi , cinta itu suatu yang membawa kita dalam suatu kebaikan karena cinta itu murni dari hati dan hati pun tak akan mampu untuk berbohong , cinta itu tak akan pernah salah tetapi manusia sendiri yang bersalah karena mereka selalu mengatas namakan cinta dan tak pernah melibatkan tuhan dalam percintaanya  ”

Dari ketiga kisah cinta itu bahwa cinta adalah sebuah “TUNTUNAN” .
tuntunan yang mampu membuat seorang lebih baik lagi dari sebelumnya ,
tuntunan untuk sabar
tuntunan untuk ikhlas
tuntunan untuk memotivasi diri
tuntunan untuk saling menerima
tuntunan untuk memawas diri
tuntunan untuk bagaiman kita harus berkorban
tuntunan untuk saling jujur
tuntunan untuk saling memahami
lalu apakah kita masih akan menganggap bahwa cinta itu seperti romeo dan juliet ketika jalan takdir tak merestui mereka , lalu juliet membunuh dirinya untuk menggapai cinta yang mereka berdua impikan.
lalu dimana tuntunan untuk bersabar , tuntunan untuk ikhlas dan memawas dirinya untuk cinta tersebut dan dimana tuntunan romeo untuk memotivasi dirinya , tuntunan untuk usaha dan tuntunan untuk  bagaimana ia harus berkorban.

Dan apakah kita masih bisa menganggap bahwa cinta mereka adalah cinta sejati.cinta yang berakhir begitu tragis.

“terkadang di saat dua insan sedang menikmati indahnya saling mencintai, mereka lupa akan batasan yang mereka miliki dan cinta dapat menembus dimensi akal sehat kita”

tuntunansepertiarahanbagaimanakitabisamengenalcinta,tapicintabukantuntutanuntukkitamenjadi sempurna. Seorang ibu mencintai anaknya dengan cinta yang beliau berikan anak itu tumbuh dan berilmu ,apakah itu bukan tuntunan. Dan seorang suami menckntai keluraganya dengan cara memberi nafkah dengan jalan yang halal berusaha serta berdoa apakah itu bukan tuntunan suatu kewajiban suami.

Mungkin kalian semua pernah mengalami rasa kekecewaan , hancur dan sakit tentang cinta karena kita semua tak pernah tau bagaimana  tuntunan untuk cinta yang sedang kita rasakan . kita lebih terlarut dalam sebuah perasaan lalu perasaan itu mengurung semua pemikiran kita ke dalam sebuah ruangan yang kita tak pernah tau bagaimana membuka ruangan itu .sampai suatu ketika rasa kekecewaan itu datang lalu kita berusaha mendobrak sebuah ruangan itu, namun kita hanya mampu mendobrak untuk membukanya . cintai itu tidak pernah salah tapi bagaimana rasa cinta itu menjadi tuntunan untuk kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi dengan semua tuntunan itu . aku hanya mempunyai sebuah ideologi pemikiran yang aku tarik menjadi sebuah kesimpulan , dan aku yakin kalian semua pasti mempunyai sebuah pendapat yang berbeda tentang cinta ini .

Editor : Rahmat Saleh

Bagikan :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*