oleh

Presiden RI : Tidak Ada Lagi Lama-lama Dalam Mengurus Perizinan

Jakarta, kicaunews.com — Guna meningkatkan daya saing Indonesia, selain meningkatkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan etos kerja masyarakat, pemerintah baik pusat maupun daerah juga akan melakukan perombakan besar-besaran dalam masalah perizinan.

“Sudah tidak ada lagi yang namanya izin bertahun-tahun, tidak ada. Tidak ada lagi izin berbulan-bulan, tidak ada. Saya sudah sampaikan kepada seluruh Kementerian, nanti kalau rampung saya akan masuk ke daerah. Semua harus satu garis. Sekali lagi, kita ingin memenangkan persaingan,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) seperti dikutip dari laman resmi Setkab, Minggu (24/1/2016).

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden saat memberikan sambutan pada Peluncuran Program Investasi Menciptakan Lapangan Kerja Tahap III, di Dusun Ketonggo, Desa Kerjo Lor, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Jumat (22/1/2016) siang.

Presiden memberi contoh, pengurusan izin di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dulunya bisa mencapai hitungan tahun. Bila agak disiasati, mungkin bisa 6 bulan, 7 bulan, atau  8 bulan.

“Saya sampaikan, saya tidak mau tahu, saya mau urusan harus selesai dalam jam. Alhamdulilah sekarang sudah 3 jam  untuk 8 perizinan. Kalau enggak percaya silakan coba. Nanti kalau tidak 3 jam ngomong ke saya. Saya pastikan, saya akan ganti Kepala BKPM-nya,” ujar Presiden Jokowi seraya menyebutkan, dirinya sudah melakukan cek lewat teman pengusaha yang lain.

“Dan saya lebih percaya kalau yang datang itu pengusaha, pasti betul dan dilayani dalam waktu jam,” tambah Presiden Jokowi.

Jokowi juga mengemukakan bahwa dirinya telah menanyakan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok terkait pengurusan izin. “Dulu, pengurusan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) bisa sampai bertahun-tahun, tetapi sekarang sudah online. SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) juga online,” tegasnya

Baca juga :  Terima PGI dan KWI, Presiden Jokowi: Keamanan Kondusif jelang Natal dan Tahun Baru

Menurut Jokowi, memang cara-cara itu yang akan menyelesaikan masalah. Pelayanan perizinan bisa cepat, di pusat cepat, di daerah juga cepat. “Itu nanti yang menyelesaikan persoalan masalah kompetisi dan persaingan kita. Hanya 2 menit,” pungkasnya.(*)

Sumber : Bisnis.com

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru