Kasus Gafatar, Sejumlah Elit Politik Gelar Diskusi

0
Taufiqulhadi, Amich Alhumami, Ichan Loulembah, Puri Kencsna Putri dan Nurkholis ( kanan ke kiri )
Bagikan :

Jakarta, kicaunews.com — Wakil Ketua Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Puri Kencana Putri menyatakan warga eks Gafatar punya hak untuk tinggal ditempat yang selama ini mereka tinggali. Terlebih mereka juga membeli lahan yang menjadi tempat hidup mereka beberapa tahun ini.

Puri meminta pemerintah netral dalam menangani kasus Gafatar ini. Bahaya jika pemerintah sudah mengeluarkan sikap jika Gafatar sesat dan lain sebagainya kata Puri dalam diskusi yang diadakan Populi Center dan Smart FM Net Work dalam persfektif Indonesia dengan topik “Astaga Gafatar” bertempat di Gado-Gado Boplo Menteng Jakarta, sabtu (23/1/16)

Ahli Antropologi Politik Amich Alhumami menambahkan Gafatar akarnya dari Negara Islam Indonesia (NII). Ada pertarungan di internal NII dan ada imajinasi politik yang rumit katanya. Kelompok ini hijrah dan membentuk komunitas sendiri yang eksklusif. Ada dimensi lain selain spiritual.

Kegiatan mereka mengganggu ketertiban sosial dan melakukan indoktrinasi kata Amich.

Ketua Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) Nurkholis menyayangkan sikap pemerintah terutama Kementrian Agama yang pasif terkait terkait peristiwa pengusiran dan pembakaran kelompok eks Gafatar di Kalimantan Barat.

Karena tidak ada yang memediasi terjadilah pengusiran dan pembakaran tersebut. Tindakan sewenang-wenang seperti pengusiran ataupun tindak kekerasan karena perbedaan pandangan tidak boleh terjadi kata Nurkholis.

Anggota Komisi III DPR RI Taufiqulhadi menyatakan jika sejak awal pemerintah jeli kasus ormas seperti Gafatar ini tidak akan muncul kembali. Ahmad Musadeq keluar penjara harusnya diikuti kegiatannya (diawasi), keluar sudah bisa masuk masyarakat.

Taufiq mendorong pemerintah tidak hanya melakukan verifikasi berkas administrasi pendaftaran ormas tetapi perlu juga melakukan verifikasi tujuan ormas yang mendaftar tersebut pungkasnya.(Sunarto)

Bagikan :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*