Seminar Bahaya Penggunaan Gadget Bagi Anak

0
Bagikan :

Tangerang Selatan, Kicaunews.com – Peringatan Hari Ibu Ke 87 Dharma Wanita Persatuan kota Tangerang Selatan gelar seminar di Gedung Graha Widya Bhakti Puspitek, Serpong, Kota Tangerang Selatan. Selasa (22/12/2015).

Seminar peringatan hari Ibu yang bertemakan “Mari Selamatkan Anak dari Bahaya Gadget” dihadiri Oleh Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, Hj.Tintin (Istri Mantan Sekda Tangsel, H.Dudung E diredja), Hj. Ghoni (Wakil Ketua Pokja IV PKK),  Hj. Nurdiaty Akma Msi (Ketua Pimpinan Pusat Forum Silaturahim Antar Pengajian (PP FORSAP) , Ibu-ibu Pkk dan Dharma wanita Se-Tangsel yang berjumlah sekitar 200 orang.

Dalam sambutannya, Airin menyampaikan kepada peserta seminar agar memperhatikan kepada anak-anaknya tentang penggunaan gadget karna gadget adalah sarana yg sangat mudah untuk di jadikan satu acuan hal yang positif dan hal yang negatif oleh anak.

“Dengan dilaksanakan seminar ini, diharapkan akan menambah kesadaran semua pihak akan pentingnya menyelamatkan anak dari bahaya gadget,” kata Airin.

Sementara itu Hj. Ghoni selaku wakil ketua pokja IV Pkk Tangsel memberikan keterangan tentang bahaya gadget. Belakangan ini penggunaan gadget tidak saja menjadi dominasi orang dewasa.

“Smartphone, tablet, notebook dan aneka gadget lainnya juga sudah jamak digunakan anak-anak kita. Fenomena ini paling mudah kita temui pada anak yang berasal dari keluarga berada dimana gadget bukan lagi menjadi barang mewah bagi mereka,” ucapnya.

“Sebagian lagi anak memang difasilitasi oleh orang tuanya untuk sibuk ber-gadget ria agar orang tua lebih leluasa beraktivitas tanpa perlu terus-terusan mendampingi anaknya. Ada juga orang tua yang mungkin bermaksud mengenalkan teknologi gadget itu sejak dini kepada anak-anaknya,” tambahnya.

Masih katanya, anak-anak yang sedang berada dalam masa serba ingin tahu juga akan senang jika dihadiahkan gadget oleh orang tuanya. Apalagi dengan perkembangan teknologi informasi, anak-anak sekarang ini rasanya jauh lebih sadar teknologi dibanding generasi-generasi di belakangnya.

“Saya perhatikan anak-anak sekarang bisa dengan mudah mengakses aplikasi dalam gadget yang baru didapatinya. Tidak butuh waktu lama bagi mereka untuk menguasai fitur-fitur gadget tersebut,” tuturnya.

Memang di satu sisi, ada beberapa manfaat bagi anak yang sejak dini sudah berkenalan dengan gadget. Paling tidak sejak awal anak sudah familiar dengan teknologi. Kemudian beberapa vendor sudah membuat aplikasi game khusus untuk mengasah daya pikir anak Seperti: puzzle, gamekata, dan game sejenis. Anak-anak yang senang bermain gadget juga akan betah di rumah, ini adalah keuntungan bat orang tua yang sibuk. Jika anak berada di rumah, orang tua akan lebih leluasa melakukan kegiatannya.

Beberapa orang tua juga membelikan anak-anaknya handphone, agar mudah memonitor keberadaan anak mereka. Di daerah-daerah yang rawan terjadi penculikan anak, membiasakan anak untuk berkomunikasi dengan HP akan cukup membantu orang tua mengawasi anak-anaknya.

Tapi di sisi lain, pemakaian gadget sejak usia dini juga dapat membawa dampak negatif bagi anak-anak, baik bahaya yang langsung kelihatan maupun bahaya yang dampaknya jangka panjang.(*)

Bagikan :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*